22 Maret dalam Sejarah: Album Debut The Beatles <i>Please Please Me</i> Dirilis
The Beatles (Instagram/@thebeatles)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 22 Maret 1963, album debut The Beatles Please Please Me dirilis. Album tersebut sukses dengan lagu tunggal Please Please Me dan Love Me Do' di Inggris Raya. Sebagian besar lagu dari album Please Please Me dirilis di Amerika Serikat (AS) tahun 1964 oleh label Vee-Jay Records. 

Please Please Me menandai momen penting dalam karier The Beatles. Album debut mereka ini menggerakkan roda yang akan membawa mereka ke puncak pengakuan publik, yang menciptakan template untuk begitu banyak musik rock dan pop sejak itu.

Mengutip laman The Beatles, sepuluh dari 14 lagu album tersebut direkam hanya dalam satu hari, yaitu pada 11 Februari 1963. Sementara empat lagu lainnya telah direkam pada 1962 setelah membentuk B-side dari rilis debut mereka.

Lagu Love Me Do yang dirilis sebelumnya dipilih untuk disertakan dalam album Please Please Me. Lagu tersebut juga lalu muncul di EP berikutnya dan kemudian masih menjadi single nomor satu di AS pada 1964.

The Beatles di Bandara Kennedy (Sumber: Commons Wikimedia)

Lagu Please Please Me melihat kemitraan penulisan lagu Paul McCartney dan John Lennon yang berkembang. Dari lagu Love Me Do hingga There a Place to I Saw Her Standing There, kolaborasinya sangat produktif. Duo tersebut terus membuahkan karya hingga Let It Be pada 1970.

Untuk album debut, pengerjaannya terkesan buru-buru dan hanya memiliki anggaran empat ratus poundsterling dalam pembuatan album tersebut. Proses rekaman hari itu selesai dalam satu hari, dengan John Lennon yang bertelanjang dada membuat dirinya serak karena melalui dua sesi pengambilan suara untuk Twist and Shout.

Paul McCartney kemudian mengenang. “Pada akhirnya, kamu memiliki album itu.”

Foto sampul depan yang ikonik diambil di Gedung EMI Limited di 20 Manchester Square di West End London pada awal 1963 oleh Angus McBean. EMI tetap di gedung itu sampai 1995 sebelum pindah ke London Barat dengan membawa pagar balkon yang terkenal itu.

Mengingat bahwa chart album Inggris pada masa itu cenderung didominasi oleh selera yang lebih 'dewasa' seperti soundtrack film dan vokalis yang easy listening, mengejutkan bahwa Please Please Me mencapai puncak tangga lagu pada Mei 1963. Posisi tersebut bertahan selama 30 minggu sebelum digantikan oleh With The Beatles.

Sampul album Please Please Me (Sumber: Commons Wikimedia)

Please Please Me tidak menerima rilis resmi AS sampai 1987 tetapi Introducing The Beatles yang dikeluarkan awal 1964 di label Vee-Jay dan The Early Beatles yang dirilis oleh Capitol Records pada tahun berikutnya kemudian memang berisi banyak lagu dari rilis Inggris.

BBC mencatat, kedekatan yang dibawakan lagu-lagu di album ini tak tertahankan. Vokal Lennon pada Twist and Shout yang klimaks mungkin merupakan elemen yang paling longgar dan tidak rata dari seluruh rekaman.

Rekaman yang pada dasarnya 'dimainkan secara langsung' menampilkan grup dengan kaki mereka yang masih sangat banyak di klub dan teater, penampilan sebenarnya. Cara The Beatles membuat komposisi relatif sederhana; efektif, tetapi bagaimanapun juga hitam dan putih, bermain secara eksklusif dengan kekuatan yang diakui.

 

SEJARAH HARI INI Lainnya