23 Februari dalam Sejarah: Grammy Awards Bersejarah Tetapkan Dua Pemenang untuk Kategori Song of the Year
Trofi Grammy Awards (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kali dalam sejarah, Grammy Awards gagal menentukan satu pemenang. Pada 23 Februari 1978, Love Theme from A Star Is Born (Evergreen) oleh Barbra Streisand dan You Light Up My Life dari Debby Boone sama-sama dianugerahi penghargaan Song of the Year oleh Grammy Awards.

Mengutip History, Selasa, 23 Februari 2021, penghargaan yang diberikan untuk You Light Up My Life sebenarnya bukan penghargaan untuk Debby Boone. Kategori Song of the Year adalah penghargaan untuk penulis lagu.

Dan meskipun You Light Up My Life mendorong Boone mendapati penghargaan Best New Artist tahun itu, dia tidak menulis lagu tersebut sendiri. Joe Brooks mendapatkan penghargaan Grammy atas Song of the Year untuk sebuah lagu yang aslinya dinyanyikan oleh penyanyi tak dikenal, yang digunakan dalam soundtrack film berjudul sama yang juga dia sutradarai.

Label rekaman Debby Boone menemukan lagu itu dan menyuruhnya merekam setelah filmnya dibuat. Selama sepuluh minggu, album tersebut menakjubkan dengan terus berada puncak tangga lagu pop pada musim gugur 1977.

Joe Brooks, yang menulis You Light Up My Life kemudian menyampaikan salah satu kenangan lain di malam itu, ketika ia menunjukkan banyak profesional musik yang hadir sebenarnya menolak lagunya. Ia pun akhirnya menambahkan kalimat, "Rasanya sangat manis."

Sementara, Love Theme from A Star Is Born (Evergreen) ditulis bersama Barbra Streisand dan Paul Williams. Keduanya adalah penerima penghargaan Grammy lebih dari satu kali.

Lagu dari film

Seperti You Light Up My Life, Evergreen juga dari film. Williams yang memiliki sisi jenaka memberikan pidato penerimaan penghargaan Grammy yang berkesan dengan berterima kasih kepada seorang dokter karena telah memberinya "beberapa Valium luar biasa yang membuatku melalui seluruh pengalaman."

Bagi Barbra Streisand, malam itu adalah jawaban atas pertanyaan yang sangat bagus: Siapa satu-satunya orang yang berhasil meraih Grammy Award dan Oscar? Pada 1968, Barbra Streisand juga memenangi kategori Best Actress untuk penampilannya di Funny Girl.

Pada akhirnya, Grammy Awards ke-20 ini adalah malam yang membuat banyak pihak mengakui banyak penyanyi terbaik dan terpopuler di kancah rock West Coast. Ada Eagles memenangi Record Of The Year untuk Hotel California, Fleetwood Mac menerima Album Of The Year untuk Rumours, dan Steely Dan's Aja yang membawa pulang penghargaan untuk Best Engineered Recording —Non-Classical.

John Williams memborong Grammy Awards untuk Best Original Score Written For A Motion Picture or A Television Special dan Best Instrumental Composition untuk musiknya di Star Wars.

 

SEJARAH HARI INI Lainnya