Niat Puasa Sebelum Iduladha, Ada 3 Jenis Sebelum Sholat Ied
Niat Puasa Idul Adha

Bagikan:

JAKARTA - Hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 20 Juli tahun ini. Saat Iduladha dan tiga hari setelahnya, umat Islam dilarang puasa. 

Namun, sebelum Idul Adha, ada 3 macam puasa yang bisa dilakukan. Berikut jenis, jadwal, niat puasa sebelum Iduladha

1. Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah adalah salah satu amalan mulia yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya. Puasa ini dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah tepatnya pada tanggal 1-7 Dzulhijjah. 

Dalam sebuah riwayat yang berasal dari Hafshah ra. dia mengatakan:

"Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu: puasa Asyura (10 Muharram), puasa 10 hari bulan Dzulhijjah, puasa 3 hari setiap bulan, dan sholat 2 rakaat sebelum sholat fajar (subuh)." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i).

Pada tahun ini, puasa Dzulhijjah jatuh pada tanggal 11-17 Juli 2021. Berikut bacaan niat puasa Dzulhijjah: "Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala.

2. Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari ke-8 bulan Dzulhijjah. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa keutamaan puasa Tarwiyah di antaranya seperti melakukan puasa selama satu tahun penuh.

"Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun." (HR. Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

Pada tahun ini, puasa Tarwiyah jatuh pada hari Minggu, 18 Juli 2021. Berikut bacaan niat puasa Tarwiyah: "Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya: Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala.

3. Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa yang dikerjakan pada hari ke-9 bulan Dzulhijjah. Tepat 1 hari menjelang Iduladha. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, keutamaan puasa Arafah akan menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. 

Pada tahun ini, puasa Arafah jatuh pada hari Senin, 19 Juli 2021. Berikut bacaan niat puasa Arafah sebelum Idul Adha: "Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya : Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala.

Ingat, puasa Iduladha dilakukan sebelum hari raya. Hari Tasyrik merupakan sebuah perayaan untuk umat Islam yang jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 pada bulan Zulhijjah kalender Hijriah. Di hari yang penuh berkah tersebut, umat Islam dianjurkan untuk menikmati makanan dan minuman sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah SWT dan diharamkan puasa.