Lagu <i>Solar Power</i> Milik Lorde Disebut Tiru <i>Freedom '90</i>, Ini Respons George Michael
Lorde (tangkapan layar video musik Solar Power)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Lorde baru saja merilis lagu barunya berjudul Solar Power pada pekan lalu. Lagu ini menjadi trek utama untuk album ketiganya yang sedang melalui proses produksi.

Setelah dirilis, banyak warganet yang menyebut adanya kesamaan antara Solar Power dengan lagu milik mendiang George Michael berjudul Freedom ‘90 yang dirilis pada Oktober 1990.

Kesamaan itu terlihat dari instrumen yang digunakan Solar Power di bagian akhir sangat menyerupai lagu Freedom '90 dengan instrumen yang sama dari awal lagu.

Melihat berbagai respons dan tuduhan plagiat yang ditujukan kepada Lorde, pemegang hak aset George Michael memberi pernyataan melalui situs resmi dan media sosial.

Pihak Michael menganggap mereka tidak merasa terganggu dengan perbandingan yang dibuat pendengar musik.

“Kami mengetahui banyak orang yang menghubungkan ‘Freedom ‘90’ dari George Michael dengan ‘Solar Power’ dari Lorde dimana George akan terkesan mendengarnya, sebagai sesama seniman, kami berharap kesuksesan (Lorde) dengan lagunya,” begitu bunyi pernyataannya pada Jumat, 18 Juni.

Sebelumnya, Lorde berbicara kepada Zane Lowe dan mengatakan Solar Power terinspirasi dari lagu band Primal Scream bertajuk Loaded.

Sementara itu, sebuah teaser baru terungkap dalam situs Lorde dengan tulisan SOLSTICE. Penggemar berekspektasi Lorde akan merilis lagu baru setelah Solar Power.