Sia, Bono, Ariana Grande hingga Andre Hehanusa Rilis Lagu untuk Bantu Penanganan COVID-19
Sia (Instagram @siamusic)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah pandemi COVID-19 yang menggagalkan seluruh rencana, para musisi memutar otak untuk tetap produktif. Mereka merilis lagu, menggalang dana untuk membantu penyebaran COVID-19. Yang terbaru ada penyanyi Sia yang melepas lagu Saved My Life pada Minggu, 3 Mei.

Lama tidak merilis lagu, kondisi pandemi menjadi kembalinya Sia ke industri musik. Penulisan lirik Saved My Life dibantu Dua Lipa dan diproduseri Greg Kurstin di mana hasilnya adalah sebuah trek balada emosional ala Sia yang terdengar catchy. Seluruh keuntungan dari penjualan lagu ini akan disalurkan kepada Americares dan CORE Response, organisasi yang berfokus kepada individu yang mengalami kondisi kesehatan yang buruk.

Tidak terhitung berapa banyak musisi yang merilis lagu di tengah pandemi. Aksi ini terlihat sederhana, tapi bisa membantu menggalang dana mengingat keuntungan penjualan maupun jumlah putar bisa sangat diperhitungkan. Apalagi lagu-lagu ini dibuat oleh para penyanyi kenamaan.

Ariana Grande dan Justin Bieber misalnya, berkolaborasi dalam lagu Stuck With You yang seluruh keuntungannya akan didonasikan untuk First Responder Child’s Foundation secara beasiswa dan berdasarkan permintaan. Meski baru akan dirilis 8 Mei mendatang, respons penggemar cukup bagus sehingga Scooter Braun selaku pemilik manajemen menyatakan artis-artisnya yang lain akan merilis lagu untuk menggalang dana, di antaranya Demi Lovato, Kanye West, Usher, dan masih banyak lainnya. Grande dan Bieber juga mengajak penggemar untuk mengirim video mereka saat menikmati instrumental Stuck With You untuk digabungkan dengan video musik aslinya.

Sementara itu, rapper Megan Thee Stallion mengejutkan penggemar dengan duetnya bersama Beyonce untuk versi remix lagu Savage. Lagu yang sedang viral karena aplikasi video Tik Tok ini terdengar berbeda dengan tambahan bait milik istri Jay Z tersebut. Keduanya mengumumkan seluruh penjualan lagu akan disumbangkan untuk Bread of Life, organisasi yang menangani korban bencana alam yang berdomisili di Texas.

Kesempatan ini juga dijadikan Bono (vokalis U2) untuk merilis Let Your Love Be Known di mana keuntungan penjualannya akan didonasikan untuk orang-orang Italia yang mengalami lockdown dan terkena dampak COVID-19. Diiringi piano, Bono menyanyikan lagu tersebut dengan merdu melalui akun Instagram. Ia juga mengirim pesan bahwa lagu ini dibuat sebagai rasa terima kasihnya kepada pekerja medis yang berjuang keras selama masa pandemi.

Di Indonesia, sejumlah musisi merilis lagu yang bertemakan COVID-19, salah satunya Andre Hehanusa dengan lagu Di Rumah Aja yang mengingatkan pendengar untuk menghindari bepergian ke luar rumah. Selain itu, ada Melawan Dunia yang dinyanyikan 16 musisi di antaranya Vidi Aldiano, Rizki Febian, Anji, dan banyak lagi. Lagu ini menjadi bentuk penyuaraan musisi untuk tetap berpegang teguh dan saling menjaga satu sama lain selama masa pandemi COVID-19. Mereka menyediakan laman kampanye melalui KitaBisa agar masyarakat bisa berdonasi melalui link tersebut.

Untuk Anda yang ingin membantu, Anda bisa mulai mendengar dan membeli lagu secara legal melalui layanan streaming yang tersedia. Kontribusi sederhana yang Anda lakukan pastinya bisa tersampaikan kepada pihak yang membutuhkan.