Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat ini jurusan desain interior sedang jadi primadona di Indonesia. Pasalnya, prospek kerja jurusan desain interior cukup menjanjikan. Hal itu terjadi karena kebutuhan akan interior yang indah dan efektif semakin dibutuhkan.

Perlu diketahui, desainer interior adalah bidang keilmuan yang fokus pada estetika ruangan. Profesional yang bekerja di bidang ini akan berkutat dengan warna, tekstur, dan bentuk ruangan yang menyenangkan. Tak hanya itu, dikutip dari Collegeboard, profesi ini juga mampu mengkolaborasikan estetika, fungsionalitas, keamanan, dan keberlanjutan.

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Saat ini ada banyak profesi profesional yang membutuhkan keahlian di bidang desain interior. Beberapa profesi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Desainer Interior

Desainer interior bertugas untuk merancang tata letak dan desain ruangan sesuai kebutuhan dan keinginan klien. Dalam bekerja, desainer akan melayani sesi konsultasi, pemilihan warna, material, dan furnitur, hingga membuat visualisasi desain. Tujuan utamanya adalah menciptakan ruang yang estetis sekaligus fungsional. Misalnya, desain interior akan memberikan jalan keluar saat klien ingin tahu cara mengatasi kamar tidur yang terasa pengap.

  1. Staf Konsultan Desain

Sebagai konsultan desain, tugas utama adalah memberikan saran dan rekomendasi desain kepada klien yang ingin melakukan perubahan atau perbaikan ruang. Profesi ini sering terlibat dalam proyek komersial seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, atau hotel.

Seorang konsultan desain juga bertugas untuk membantu klien memilih konsep desain yang sesuai, serta menentukan elemen-elemen yang mendukung estetika ruangan.

  1. Visual Merchandiser

Visual merchandiser adalah profesi yang mengombinasikan seni dan strategi pemasaran dalam penataan ruang, terutama di toko atau pusat perbelanjaan. Tugasnya adalah menata produk dan area display agar menarik perhatian pelanggan, meningkatkan pengalaman berbelanja, dan mendorong penjualan.

Lulusan Desain Interior sangat cocok untuk pekerjaan ini karena keahlian mereka dalam menciptakan ruang yang menarik secara visual.

  1. Pengelola Desain Pameran

Profesi ini bertugas merancang tata letak pameran atau event untuk memastikan para pengunjung mendapatkan pengalaman yang berharga saat berkunjung ke suatu acara.

Pengelola desain pameran bertugas untuk membuat konsep, mendesain instalasi pameran, hingga mengatur pencahayaan agar sesuai dengan tema yang diinginkan. Pemahaman tentang ruang, komposisi, dan penggunaan material sangat penting dalam pekerjaan ini.

  1. Desainer Set Film atau Televisi

Dalam industri film dan televisi, desainer set berperan untuk menciptakan latar yang sesuai dengan cerita dan kebutuhan produksi. Mereka merancang dan mengatur set untuk mencapai tampilan visual yang diinginkan, seperti pemilihan furnitur, dekorasi, hingga skema warna.

  1. Lighting Designer

Lighting designer fokus pada pengaturan pencahayaan dalam ruang, baik rumah, perkantora, ruang bisnis, ruang pameran, dan masih banyak lagi. Mereka menentukan jenis lampu, intensitas, dan warna pencahayaan untuk menciptakan suasana yang diinginkan. Profesi ini cukup banyak dibutuhkan mengingat pencahayaan adalah hal penting dalam kegiatan sehari-hari.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan desain interior. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.