Menguak Alasan Di Balik Diamnya Pria saat Bertengkar dengan Pasangan
Ilustrasi Pria Diam (Damir Spanic/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Perbedaan dalam sebuah hubungan itu lumrah terjadi. Jika tidak disikapi dengan bijak, perbedaan tersebut bisa menimbulkan pertengkaran. Jika satu pihak menanggapi perdebatan dengan sikap tak mau kalah, maka mau tak mau pihak lainnya harus lebih tenang untuk menengahi suasana yang tidak kondusif. Biasanya, peran ini akan diisi oleh kaum Adam.

Namun, saat seorang pria memilih untuk diam saat sedang bertengkar dengan wanita, itu semua karena ada alasan tersendiri. Apa saja alasan di balik diamnya pria saat bertengkar dengan wanita?

Tidak ingin menciptakan keputusan sepihak

Pria lebih memilih diam saat bertengkar bukan menunjukkan kekalahannya. Namun, ia ingin mengalah demi mempertahankan hubungan. Pria sadar jika ia juga mempertahankan ego saat bertengkar, serupa seperti apa yang dilakukan wanita, maka hubungan asmara bisa saja kandas sewaktu-waktu. Untuk itu, ia lebih memilih diam untuk menenangkan egonya demi keharmonisan hubungan dengan wanita yang dicintai.

Mulai lelah dengan sikap pasangan

Bisa jadi pria memilih diam saat bertengkar karena sudah lelah dengan sikap pasangan. Wanita senang diberi perhatian oleh pasangannya. Terkadang, salah satu cara mendapatkan perhatian pasangan yaitu dengan mengajak bertengkar. 

Jika kurangnya perhatian selalu menjadi alasan pertengkaran, bisa jadi pria akan merasa tidak nyaman dan lelah menghadapi pertengkaran tersebut. Kalau sudah begini, ia tak akan segan meninggalkan pasangannya.

Tak ingin membesarkan masalah

Dalam kamus pria, mengalah menjadi salah satu cara menahan amarah sesaat yang akan membawa kerugian dalam hubungan. Pria memilih diam saat bertengkar bukan karena takut, melainkan tak ingin membesar-besarkan masalah yang sedang dihadapi. Sebab, ia sadar jika diperbesar masalahnya, ada kemungkinan hubungan asmara bisa berakhir. Ia berusaha mengalah dan diam saat bertengkar karena ingin mempertahankan hubungan.

Tidak ingin menyakiti

Pria memilih diam saat bertengkar karena tidak ingin menyakiti perasaan pasangannya. Jika seorang pria terlanjur terbuai emosi hingga menyebabkan lepas kendali, sangat dikhawatirkan ia akan berkata kasar dan buruknya berperilaku kasar sehingga akan menyakiti hati pasangan. Karena ucapan yang telah dilontarkan tak dapat ditarik kembali, maka pria memilih diam saat bertengkar.