Tool yang Kembali Setelah 13 Tahun dan Masuk Nominasi Grammy Awards
Maynard James Keenan (Instagram @tooltheband)

Bagikan:

LOS ANGELES - Tool berada di barisan band yang menjadi nominasi Grammy Awards untuk kategori "Best Metal Performance". Penghargaan musik bergengsi edisi ke-62 ini akan dihelat 26 Januari 2020 di Staples Center, Los Angeles dan akan disiarkan secara langsung melalui jaringan televisi CBS pukul 07.00 pagi waktu setempat.

Tool merilis album Fear Inoculum pada 30 Agustus 2019. Ini merupakan tindak lanjut album 10.000 Days yang dirilis 13 tahun silam. Selain dihuni 7empest yang masuk nominasi "Best Metal Performance", album ini juga menyertakan dua lagu yang selama ini mereka bawakan di atas panggung, Descending dan Invincible

Fear Inoculum diproduseri Joe Barresi dan di-mastering oleh Bob Ludwig. Arah musikal album yang disuguhkan Maynard James Keenan (vokal), Adam Jones (gitar), Justin Chancellor (bass), dan  Danny Carey (drum)  dalam album ini bertiup dari alternative metal hingga progressive metal.

Berikut daftar lengkap nominasi untuk kategori "Best Metal Performance":

* CANDLEMASS - "Astorolus - The Great Octopus" (feat. Tony Iommi)

* DEATH ANGEL - "Humanicide"

* I PREVAIL - "Bow Down"

* KILLSWITCH ENGAGE - "Unleashed"

* TOOL - "7empest"

Ada pun penghargaan di ranah rock dan metal lainnya meliputi:

"Best Rock Performance"

* BONES UK - "Pretty Waste"

* GARY CLARK JR. - "This Land"

* BRITTANY HOWARD - "History Repeats"

* KAREN O & DANGER MOUSE - "Woman"

* RIVAL SONS - "Too Bad"

 

"Best Rock Song" (Penghargaan untuk penulis lagu)

* "Fear Inoculum" - TOOL, songwriters (TOOL)

* "Give Yourself A Try" - George Daniel, Adam Hann, Matthew Healy & Ross MacDonald, songwriters (THE 1975)

* "Harmony Hall" - Ezra Koenig, songwriter (VAMPIRE WEEKEND)

* "History Repeats" - Brittany Howard, songwriter (Brittany Howard)

* "This Land" - Gary Clark Jr., songwriter (Gary Clark Jr.)

 

"Best Rock Album"

"Amo" - BRING ME THE HORIZON

"Social Cues" - CAGE THE ELEPHANT

"In The End" - THE CRANBERRIES

"Trauma" - I PREVAIL

"Feral Roots" - RIVAL SONS

Tahun lalu, Recording Academy mengumumkan beberapa perubahan pada proses penghargaan, terutama untuk kategori "General Field" - record of the year, album of the year, song of the year dan best new artist - di mana jumlah nominasinya meningkat dari lima menjadi delapan. 

Recording Academy juga mengklaim telah melakukan upaya yang lebih besar tahun ini untuk mendiversifikasi badan pemungutan suaranya dengan menjangkau perempuan dan orang dengan kulit berwarna khusus untuk keanggotaan baru. Sementara anggota lama diharuskan untuk ikut kualifikasi ulang berdasarkan kinerja terbaru mereka.

Grammy dipilih oleh sekitar 13 ribu anggota Recording Academy, yang terdiri dari seniman, penulis lagu, produser dan sound engineer. Lebih dari 21 ribu rekaman diserahkan untuk ikut penilaian Grammy tahun ini. Sedangkan untuk penghargaan 2020, musik harus sudah dirilis antara 1 Oktober 2018 sampai 31 Agustus 2019 agar memenuhi syarat.

Pada edisi ke-61 yang digelar 10 Februari lalu, High On Fire mendapat penghargaan Grammy di kategori "Best Metal Performance" untuk Electric Messiah, judul lagu dari album rilisan 2018. Siapa pun yang terpilih tahun depan, penghargaan akan tetap diserahkan dalam upacara pra-siaran.