Bagikan:

JAKARTA - Kelelahan atau istilah kerennya, burnout  terjadi ketika Anda dituntut melebihi sumber daya dan kapasitas Anda untuk memenuhinya. Burnout dapat terjadi di tempat kerja, rumah, atau dalam hubungan asmara. 

Tanda seseorang mengalami burnout dating yaitu rasa jenuh pada orang atau lingkungan sekitar hingga mengarah pada sikap apatis. Pun, sulit hadir di masa kini, hilang kegembiraan, dan sering muncul rasa hampa.

Model kencan modern dimana orang kerap bergonta-ganti pasangan dapat menyebabkan burnout. Bahkan, sebuah studi yang dilakukan oleh Singles Reports, dilansir dari Psychology Today, Rabu, 9 Agustus, menemukan bahwa 78,37 persen orang dewasa berusia antara 18-54 tahun pernah mengalami burnout saat kencan online.

Nah, jika Anda satu dari sekian banyak orang yang merasa jenuh berkencan, simak tiga tips dari Roxy Zarrabi, Psy.D., seorang psikolog klinis berikut ini.

1. Ambil jeda sebentar dari berkencan

Jika Anda merasa burnout, inilah waktu yang tepat rehat sejenak dari aktivitas berkencan. Memaksa diri sendiri berusaha lebih keras saat sudah lelah hanya akan menambah stres. Kapasitas emosional tertentu diperlukan untuk membentuk hubungan tulus dengan seseorang. Dan jika Anda sedang tidak dalam kondisi emosional yang stabil, sebaiknya beri jeda sebentar.

Pertimbangkan untuk menghabiskan waktu terlibat dalam aktivitas yang membantu mengisi ulang energi Anda selama masa rehat.

2. Kaji aspek apa dari proses kencan yang menguras tenaga

Tips atasi rasa jenuh berkencan selanjutnya yaitu luangkan waktu mengevaluasi aspek apa yang paling menguras tenaga saat berkencan. Misal, alih-alih memaksa diri pergi berkencan beberapa kali setiap minggu atau terus-menerus menggeser aplikasi kencan. Pertimbangkan buat jadwal kencan dan pakai aplikasi kencan saat Anda punya lebih banyak energi dan siap bertemu orang baru.

Setelah tahu apa yang membuat Anda burnout dating, coba atur solusinya. Misal, memutuskan bertemu dua atau tiga orang saja dalam seminggu untuk menghindari rasa lelah. Atau hanya menggunakan aplikasi kencan satu atau dua kali sehari dalam waktu yang sudah ditentukan.

Solusi ini memungkinkan Anda menghemat energi. Sehingga Anda memiliki kapasitas dan energi yang cukup untuk terhubung dengan pasangan yang tepat.

3. Renungkan kembali kebutuhan Anda berkencan 

Tahu apa yang Anda butuhkan dalam berkencan membantu menavigasi tujuan dan mencegah rasa burnout. Coba tulis lima daftar kebutuhan Anda berkencan. Menggunakan daftar ini sebagai panduan dapat membantu Anda berkencan dengan niat tepat dan menghindari menghabiskan energi ekstra untuk orang yang tidak cocok dengan Anda. 

Meskipun tidak langsung mengetahui apakah seseorang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Tapi beberapa percakapan awal atau kencan pertama dapat membantu memberi Anda informasi tersebut.