Cara Sederhana Berbaik Hati dan Menghargai Diri Sendiri
Ilustrasi (Press 👍 and ⭐ - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Menghargai diri sendiri punya peran penting untuk setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ini berpengaruh pada bagaimana Anda melihat dan memperlakukan diri sendiri. 

Terkadang orang terlalu fokus pada pendapat orang lain, apakah dirinya terkesan sopan, baik, ramah, supel, dan layak mendapatkan yang terbaik atau malah sebaliknya. 

Padahal memberi nilai pada diri sendiri pun tak kalah penting. Ketika mulai bisa menghargai diri sendiri atas semua yang telah dilakukan, cara memandang hidup akan berubah. Anda akan bergerak melalui tindakan sesuai dengan nilai yang ditanamkan pada diri sendiri. 

Dengan menghargai diri sendiri, Anda akan lebih bertanggung jawab pada keputusan yang telah dibuat dan jalan hidup yang dipilih. 

Sementara itu, ketika kurang menghargai diri sendiri, ini bisa memicu kritik negatif dan cenderung mencela diri sendiri. 

Lantas, bagaimana cara agar bisa menghargai diri sendiri? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan. 

Menerima pujian dengan baik

Ketika seseorang memuji Anda atas apapun, misalnya tentang penampilan atau pencapaian, terimalah ucapan tersebut dengan baik dan berterima kasih. 

Sebagian orang merasa dirinya tak layak mendapatkan pujian atau malah selalu berburuk sangka bahwa kata-kata manis itu hanyalah kepalsuan. 

Faktanya, orang kadang terlalu keras pada diri sendiri dan menilai bahwa dirinya tak pernah cukup baik. Namun, rupanya Anda tak seburuk itu di mata orang lain. 

Maka lain kali saat mendapatkan pujian, cukup menerimanya dengan senang hati dan percaya kalau kata-kata tersebut memang tulus. 

BACA JUGA:


Bersyukur atas usaha yang dilakukan 

Saat hidup terasa berat, rasanya mudah untuk menyalahkan diri sendiri dan memberikan kritik karena membuat kesalahan atau membuat Anda terjebak dalam kondisi tak nyaman. Namun, ingatlah bahwa cobaan yang datang tak selalu karena kesalahan, bisa juga karena berbagai faktor eksternal. 

Hindari memberi kritik pedas pada diri sendiri dan membanding-bandingkan hidup dengan orang lain. Ada baiknya untuk tetap bersyukur dan berterima kasih pada diri sendiri karena telah mengupayakan hal terbaik. 

Memaafkan diri sendiri 

Memang tak bisa dimungkiri kalau Anda pernah dan akan membuat kesalahan. Saat sesuatu terjadi di luar dugaan hingga menyebabkan kesulitan, cobalah memberi ampunan pada diri sendiri. 

Akui jika memang berbuat salah, kemudian maafkanlah diri sendiri. Menyimpan dendam pada diri sendiri akan sangat membebani sehingga hari-hari ke depan semakin terasa berat. 

Berlatih afirmasi 

Afirmasi adalah kata-kata atau kalimat yang diucapkan dengan tujuan memengaruhi alam bawah sadar dan membuat seseorang percaya pada hal-hal tertentu. Salah satu contohnya adalah membentuk citra positif tentang diri sendiri. 

Lakukan afirmasi setiap hari dan ucapkan kata-kata positif di depan cermin untuk diri sendiri. Berikut beberapa contoh kalimat afirmasi: 

  1. Hari ini saya penuh dengan energi dan kegembiraan.

  2. Tubuh saya sehat dan pikiran saya tenang. 

  3. Saya memaafkan mereka yang telah menyakiti hati di masa lalu. 

  4. Saya memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi sangat sukses. 

  5. Kemampuan saya untuk menaklukkan tantangan saya tidak terbatas, potensi saya untuk sukses tidak terbatas.

  6. Saya layak dipekerjakan dan dibayar dengan baik untuk waktu, upaya, dan ide saya. 

  7. Saya berani dan saya membela diri.

  8. Hari ini saya meninggalkan kebiasaan lama dan mengambil kebiasaan baru yang lebih positif.

  9. Saya diberkati dengan keluarga yang luar biasa dan teman-teman yang luar biasa.

  10. Meskipun saat-saat ini sulit, itu hanyalah fase kehidupan yang singkat.