Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah untuk Pria: Punya Permasalahan Bau Badan? Merapat
Sirih Merah (Dreamtime)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Daun sirih merah populer di dunia pengobatan herbal semenjak dulu kala. Mengutip dari buku Daun Ajaib Tumpas Penyakit, karya Lina Mardiana masyarakat Keraton Yogyakarta memakai daun sirih merah secara turun temurun untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Adakah manfaat rebusan daun sirih merah untuk pria?

Untuk Anda yang belum mengenal, daun sirih merah mempunyai daun berbentuk hati dengan warna merah keperakan. Apabila disobek, daun sirih merah berlendir dan mengeluarkan wangi yang khas.  

Batang daun sirih merah berdaun bulat berwarna hijau keunguan. Daun sirih merah, yakni tanaman herbal rambat.  Daun sirih merah dianggap ampuh menumpas sejumlah penyakit.  

Daun sirih merah mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, karvakol, dan eugenol. Tak cuma itu, daun sirih merah bersifat antiflamasi, antioksidan, antikanker, dan antiseptik.  

Inilah yang membikin daun sirih merah kerab dibuat sebagai obat herbal untuk mengobati sejumlah penyakit. 

Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah Untuk Pria

Obat sakit jantung 

Sakit Jantung (Freepik)

Daun sirih merah terpercaya pas mengobati penyakit jantung. Mengutip dari buku berjudul Sehat Natural dengan Herbal: 250 Tanaman Bermanfaat Obat, Anda cuma perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini untuk mengobati penyakit jantung.  

Bahan:  

Daun sirih segar berukuran sedang 3-4 lembar  

Air 4 gelas atau 800 ml  

Anda cuci bersih daun sirih merah lalu rebus dengan air hingga mendidih dan menyisahkan air dua gelas. Anda saring air rebusan daun sirih merah.  Anda minum segelas air rebusan daun sirih merah selagi hangat dua kali sehari sebelum makan. 

Radang mata  

Daun sirih merah juga tepat sasaran meredakan radang mata. Untuk menikmati manfaatnya, Anda siapkan 4 lembar daun sirih merah agak muda.  Anda cuci lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan menyisahkan air satu gelas.  Sesudah dingin, Anda pakai air {hal yang demikian} untuk merendam mata yang sakit.  

Perlu Anda ketahui, ibu menyusui dan perempuan hamil sebaiknya menghindari untuk memakai daun sirih merah. Meski, untuk si kecil sebaiknya tak memakaidaun dirih merah secara berlebihan. 

Untuk Asam Urat

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yakni sanggup mengobati asam urat. Mengkonsumsi rebusan daun sirih merah secara rutin bisa meredakan nyeri otot dan melepaskan Kristal asam urat yang ada dalam tubuh. Bagi yang mempunyai persoalan penyakit asam urat, manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini dapat dinikmati dengan mengonsumsinya secara rutin.

Untuk Bau Badan dan Bau Mulut

Sakit Jantung (Freepik)

Sirih merah mengandung estradiol dan klavikula yang membatasi produksi hormon dan kelenjar peluh. Mengkonsumsi air rebusan daun sirih merah sanggup meredakan bau badan yang berlebihan. Aplikasikan tumbukan daun sirih ke ketiak secara teratur untuk menikmati manfaat daun sirih merah untuk kecantikan ini.

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan juga bisa menuntaskan bau mulut berkat kandungan eugenol dan capitol. Sifat antiseptik pada sirih merah ampuh membunuh kuman mulut. Berkumur dengan air rebusan daun sirih merah sanggup membunuh kuman penyebab bau mulut.

Untuk Diabetes

Daun sirih merah bisa menurunkan kadar glukosa darah. Sirih merah mengandung molekul aktif yang disebut tanin yang mempunyai sifat antidiabetes. Alkaloid yang membikin manfaat daun sirih merah untuk kesehatan bisa menurunkan kadar glukosa darah dengan menghalangi absorpsi glukosa di usus.

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini bahkan berasal dari beragam kandungan polifenol yang mempunyai potensi antioksidan benar-benar bagus. Molekul-molekul pada manfaat daun sirih merah untuk kesehatan sanggup melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan dampak radikal bebas.

Setelah mengetahui manfaat rebusan daun sirih merah untuk pria, simak berita menarik lainnya hanya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!