Ini Serangkaian Aktivitas yang Perlu Anda Lakukan Untuk Kualitas Tidur Malam yang Baik
Ilustrasi (Zohre Nemati/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah jadi rahasia umum kalau tidur sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Namun terlepas dari hal tersebut, masih banyak orang yang abai dengan pentingnya pemenuhan jam tidur harian. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7-9 jam untuk tidur perhari sesuai dengan kebutuhan. 

Tapi, berbagai faktor seperti stres, insomnia, hingga depresi acap kali mengganggu waktu istirahat sehingga jam tidur yang diperlukan tidak memenuhi. Untuk mengurangi tekanan tersebut, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk relaksasi sehingga bisa tidur dengan baik di malam hari.

Tidur dalam Kondisi yang Gelap

Suasana adalah satu hal yang memengaruhi kualitas tidur Anda. Buatlah kondisi kamar Anda senyaman mungkin. Suasana kamar yang nyaman dan gelap dapat memberi sinyal ke otak bahwa itu adalah saat di mana Anda harus tidur. Selain itu, kondisi kamar yang gelap juga akan memicu produksi hormon melatonin yang dapat memicu rasa kantuk.

Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Ponsel adalah salah satu benda yang bisa membuat Anda menunda-nunda tidur. Selain itu, perangkat elektronik seperti gadget mengeluarkan blue light yang dapat menekan produksi hormon melatonin ketika kamar Anda berada pada kondisi yang gelap.

Lakukan Relaksasi

Ada baiknya sebelum tidur Anda melakukan relaksasi. Mengatur napas secara rutin sebelum tidur dapat membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih tenang dan menghilangkan kecemasan yang sedang mengganggu pikiran.

Hindari Kafein dan Alkohol

Kopi mengandung alkohol yang akan membuat Anda menjadi lebih sulit tidur. Selain kopi, alkohol juga dapat membuat kualitas tidur menurun dan dan mengganggu siklus tidur.

Batasi Tidur Siang

Tidur siang memang baik untuk tubuh. Namun tidur siang yang terlalu lama dapat membuat Anda kesulitan untuk tidur pada malam hari. Anda sebaiknya membatasi waktu tidur siang Anda tidak lebih dari 20 menit.