Reuni Kecil-kecilan Nirvana dalam The Art of Elysium
Personel tersisa Nirvana (Twitter @PolvoraRock)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga personel Nirvana dikabarkan akan tampil bersama dalam sebuah acara tahunan yang diselenggarakan The Art of Elysium, Heaven Is Rock and Roll. Dikutip dari Rolling Stone, Dave Grohl akan tampil bersama Krist Novoselic, dan Pat Smear pada 4 Januari besok.

Tidak hanya kedua musisi itu, Nirvana juga akan tampil bersama beberapa penampil yang sudah pernah manggung bersama band gawangan Kurt Cobain tersebut, ada Beck, St. Vincent, Marilyn Manson, L7, Cheap Trick serta anak Dave Grohl, Violet.

Belum ada kejelasan jika mereka akan kembali tampil sebagai Nirvana atau tidak. Kendati demikian acara amal tersebut menjual paket tiket Nirvana seharga 50 ribu Dolar AS, termasuk nomor kursi tamu yang tercetak di tiket mereka. Tamu yang membeli tiket ini juga bisa membeli barang-barang The Art of Elysium. 

The Art of Elysium adalah organisasi non-profit yang berfokus kepada program komunitas seni sebagai wujud dukungan di tengah tantangan kehidupan seperti penyakit, rawat inap, pemindahan, pengurungan, atau masa krisis. Dilansir dari situsnya, The Art of Elysium melayani usia berapapun yang sedang menghadapi masalah sosial, emosional, dan kesehatan mental serta tunawisma. 

Acara ini juga didukung We Are Hear, sebuah label rekaman Los Angeles yang dibuat oleh produser Linda Perry dan Kerry Brown. Melalui situs tersebut juga menampilkan tema instalasi berjudul Heaven yang merupakan satu konsep yang dipilih oleh Visioner. Visioner dipilih setiap tahun atas kontribusinya terhadap masyarakat.

Personel Nirvana yang tersisa pernah bertemu pada acara Rock and Roll Hall of Fame pada 2014. Saat itu, banyak momen mengharukan terjadi dalam panggung tersebut di antaranya adalah selesainya pertengkaran Courtney Love dengan Dave Grohl dengan sebuah pelukan. 

“Bagian paling ajaib yang terjadi malam ini. Terima kasih Dave, cinta kamu. Saya tahu ini membuatNya (Cobain) tersenyum di atas sana," tulis Love dalam akun Twitter-nya.

Selain itu, Kim Gordon dari Sonic Youth juga tampil bersama Nirvana dalam  lagu Aneurysm setelah membantu Nirvana mendapatkan perjanjian rekaman untuk pertama kali di tahun 1990.

Grohl, Novoselic dan Smear juga pernah tampil bersama pada akhir set Foo Fighters di festival Cal Jam pada Oktober 2018. Saat itu mereka dibantu oleh John McAuley (Deer Tick) dan Joan Jett di lini vokal untuk memainkan Serve The Servants, Scentless Apprentice, In Bloom, Breed, Smells Like Teen Spirit, dan All Apologies.

Di sisi lain, Grohl bersama band-nya Foo Fighters sedang melakukan proses rekaman untuk musik terbaru mereka setelah album Concrete and Gold pada 2017. Bassis mereka, Krist Novoselic juga baru merilis album Giants in the Trees, Volume 2 pada tahun ini.