シェア:

JAKARTA - Aplikasi baru Apple, Vitals, yang hadir dalam watchOS 11, mendapatkan perhatian dari para pengguna Apple Watch setelah dilaporkan mampu mendeteksi potensi penyakit beberapa hari sebelum gejalanya muncul. Laporan tersebut muncul di platform Reddit, di mana beberapa pengguna mengaku mendapatkan peringatan dini tentang kondisi kesehatan mereka sebelum mereka merasakan gejala apapun.

Aplikasi Vitals, yang tersedia pada Apple Watch Series 8 dan model terbaru, termasuk seri Apple Watch Ultra, menganalisis data kesehatan penting yang diukur saat tidur dalam tujuh hari terakhir. Data ini mencakup detak jantung, tingkat pernapasan, suhu pergelangan tangan, durasi tidur, serta kadar oksigen dalam darah. Aplikasi ini kemudian memetakan rentang normal bagi setiap pengguna dan memberikan notifikasi jika terdapat anomali yang jatuh di luar rentang tersebut.

Seorang pengguna Reddit dengan nama RCG21 berbagi pengalamannya menggunakan fitur ini:

"Saya mulai menggunakan Vitals sejak versi beta dirilis, dan sejak itu saya dua kali sakit. Kedua kali itu, aplikasi mengetahui beberapa hari sebelumnya, padahal saya belum merasakan apa-apa."

Pengguna lainnya, dalethomas81, membagikan tangkapan layar data Vitals miliknya, menyatakan bahwa aplikasi tersebut menunjukkan anomali beberapa hari sebelum ia benar-benar merasa sakit. Pengguna tersebut kemudian merasa gejala penyakit mulai muncul pada malam harinya.

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa aplikasi Vitals mampu mendeteksi perubahan akibat vaksin sebelum gejala terkait vaksin muncul. Salah satu pengguna, TizianosBoy, mengatakan bahwa setelah menerima vaksin COVID-19 dan flu, metrik vitalnya seperti suhu pergelangan tangan, detak jantung, dan laju pernapasan keluar dari rentang normal, menandakan adanya reaksi tubuh terhadap vaksin.

Meski sebagian besar pengguna memuji akurasi aplikasi ini, pengalaman bervariasi. Ada juga pengguna yang melaporkan bahwa aplikasi tidak mendeteksi penyakit mereka, menunjukkan hasil dapat berbeda pada setiap individu.

Walaupun aplikasi Vitals terlihat mampu memberikan peringatan dini terkait penyakit, Apple menekankan bahwa aplikasi ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosis atau merawat kondisi medis. Selain itu, kemampuan pengukuran kadar oksigen dalam darah tidak lagi tersedia di Apple Watch yang dijual di Amerika Serikat setelah 18 Januari 2024, menyusul keputusan hukum terkait pelanggaran paten Masimo terhadap fitur oximetri pada perangkat tersebut.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)