シェア:

JAKARTA - Kapten Portugal Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-33 sepanjang tahun 2024 saat menghajar Polandia 3-1 di pertandingan UEFA Nations League di Stadion Narodowy, Warszawa, Minggu, 13 Oktober 2024 dini hari WIB.

Usia boleh 39. Namun Ronaldo malah tak berhenti membobol gawang lawan. Saat membawa Portugal menghadapi Polandia di pertandingan Grup 1 League A, Ronaldo kembali menyumbang gol yang memantapkan kemenangan tim.

Dan sudah pasti gol tersebut menjadikan bintang klub Arab Saudi Al Nasser ini mencetak rekor. Dia, misalnya, menjadi pemain yang sudah mengemas 33 gol di timnas dan klub sepanjang 2024. Ronaldo juga mencetak lebih banyak gol dibandingkan top skor sepanjang sejarah Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Brasil, dan Perancis, saat sudah berusia di atas 30.

Rekor Ronaldo yang tampaknya sulit dikejar pemain lain sudah tentu 133 gol yang sudah dikemasnya di pertandingan internasional. Dia jauh mengungguli rival abadinya, Lionel Messi, yang baru mencetak 109 gol bagi timnas Argentina.

Keberhasilan Ronaldo membawa Portugal meraih kemenangan di kandang Polandia menjadikan mereka kian kukuh di puncak klasemen Grup 1 dengan memiliki poin sembilan. Portugal mencetak poin sempurna dengan memenangkan tiga pertandingan penyisihan Nations League.

Sementara, Kroasia yang mengalahkan Skotlandi 2-1 menempati peringkat dua dengan memiliki enam poin. Polandia sendiri berada di posisi tiga karena baru mengantungi satu poin dan Skotlandia berada di posisi paling bawah.

Di pertandingan itu, Portugal menunjukkan penampilan terbaik. Pelatih Roberto Martinez menurunkan semua pemain pilar, termasuk duo sayap Rafael Leao dan Pedro Neto yang menopang Ronaldo bersama Bruno Fernandes. Sedangkan Bernardo Silva ditempatkan sebagai gelandang pivotal bersama Ruben Neves.

Dengan pemain terbaik di setiap posisi Portugal mampu menampilkan permainan menyerang yang memaksa Polandia harus bekerja keras mengimbanginya. Di menit 11, Ronaldo mengancam gawang yang dikawal Lukasz Skorupski. Namun sundulan eks bintang Manchester Unted dan Real Madrid ini masih melebar.

Portugal akhirnya memecah kebuntuan di menit 26. Silva sukses membuka kemenangan Selecao das Quinas setelah menyelesaikan assist apik dari Bruno Fernandes.

Unggul 10, Portugal kian agresif menekan lawan. Sebaliknya, Polandia yang mengandalkan striker veteran Robert Lewandowski kesulitan menembus pertahanan tim tamu.

Bahkan Portugal berhasil menambah gol setelah Ronaldo membobol gawang Skorupski di menit 37. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Portugal dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Portugal tetap bermain dengan tempo tinggi. Mereka memberikan tekanan terhadap pertahanan Polandia

Polandia sesungguhnya mencoba bangkit. Serangan mereka mulai membahayakan gawang Diogo Costa. Hanya usaha tuan rumah tak membuahkan hasil, termasuk sundulan Lewandowski yang masih melebar. Begitu pula sepakan penyerang Sebastian Szymanski masih bisa digagalkan Costa di menit 68.

Namun gelandang Piotr Zielinski akhirnya tak melakukan kesalahan untuk membobol gawang Portugal di menit 78. Eks pemain Napoli yang kini membela Inter Milan ini sukses menyelesaikan assist dari Kacper Urbanski untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Hanya saja, Polandia gagal menambah gol untuk menyamakan skor. Sebaliknya, gawang Skorupski kembali kebobolan. Kali ini disebabkan gol bunuh diri bek tengah Jan Bednarek di menit 88. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Portugal dan bertahan hingga laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)