シェア:

JAKARTA - Brasil kembali masuk enam besar setelah meraih kemenangan lewat gol menjelang akhir pertandingan melawan Chile. Dalam duel di Stadion Nacional Julio Martínez Pradanos, Santiago de Chile, Jumat, 11 Oktober 2024 pagi WIB, Brasil menang tipis 2-1 atas tuan rumah Chile di laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan.

Dramatis saat Brasil akhirnya berhasil masuk enam besar. Bagaimana tidak, Brasil sempat terlempar dan menduduki peringkat tujuh setelah Venezuela menahan juara dunia Argentina 1-1 di laga sebelumnya.

Brasil pun mengawali laga dengan penuh tekanan. Apalagi, tim kehilangan pemain andalan Vinicius Junior yang mengalami cedera. Sementara, Neymar masih belum pulih dari cedera ACL yang membuat dia beristirahat panjang.

Kinerja pelatih Dorival Junior pun disorot, terutama setelah Brasil mengalami kekalahan 1-0 saat melawan Paraguay di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tak hanya itu, Brasil, repotnya, malah terlambat panas. Terbukti gawang kiper Ederson yang menggantikan Alisson Becker sudah kebobolan saat laga baru berjalan dua menit. Ancaman kekalahan membayangi Brasil.

Namun Brasil mampu bangkit. Mereka mengejar ketinggalan dan kemudian membalikkan keadaan. Brasil akhirnya menutup laga tersebut dengan kemenangan.

Tambahan tiga poin ini langsung membawa Brasil ke papan atas klasemen sementara. Marquinhos dkk akhirnya menduduki peringkat empat dengan poin 13. Mereka sudah tertinggal enam poin dengan Argentina yang bertengger di puncak klasemen.

Hanya saja, Brasil yang sukses melewati Ekuador dan Bolivia tak mempermasalahkan karena yang terutama mereka bisa masuk enam besar. Pasalnya hanya enam tim dari zona tersebut yang lolos ke putaran final.

Sementara Chile masih berkutat di papan bawah. Mereka menduduki peringkat sembilan atau nomor dua dari bawah dengan poin lima.

Dalam duel itu, pemain dari klub lokal yang menjadi bintang kemenangan. Di tengah dominasi pemain Eropa, duo pemain depan Botafogo, Igor Jesus dan Luiz Henrique yang sukses membobol gawang Chile.

Namun sebelum menang, Brasil harus bekerja ekstrakeras. Bahkan gawang Selecao sudah kebobolan saat pertandingan baru berjalan 60 detik. Penyerang veteran Eduardo Vargas berhasil mencetak gol setelah sundulannya yang menyambut umpan silang Felipe Loyola gagal dijangkau Ederson.

Tertinggal 1-0 lewat gol cepat menjadikan Brasil langsung bangkit. Juara dunia lima kali ini mencoba bermain ofensif untuk mengejar ketinggalan gol.

Setelah berkali-kali gagal mengonversi setiap peluang, kesabaran pemain Brasil akhirnya membuahkan hasil.

Igor Jesus sukses menyamakan skor setelah sundulannya yang menyambut umpan silang Savinho menggetarkan gawang Chile. Gol yang cukup sensasional karena tercipta di injury time babak pertama.

Skor imbang 1-1 saat babak kedua dimulai. Brasil kembali melakukan tekanan. Hanya usaha mereka tak kunjung membuahkan hasil.

Saat pertandingan diperkirakan berakhir imbang, Henrique berhasil memecah kebuntuan. Gol kedua Canarinho kembali tercipta d menit terakhir. Kali ini, Henrique tandem Igor Jesus di Botafogo sukses membobol gawang Chile. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)