シェア:

JAKARTA - Striker muda Spanyol Marc Guiu ternyata sudah tak lagi di Barcelona. Penyerang tim nasional Spanyol U-17 yang bermain di Piala Dunia U-17 di Indonesia ini pindah ke Chelsea. Hanya, dia bakal kembali ke La Liga Spanyol karena dipinjamkan ke klub lain.

Saat sepak bola Eropa fokus di Euro 2025, Barcelona berhasil melakukan transaksi penjualan pemain. Hanya, Barca di luar dugaan melepas Guiu ke Chelsea.

Penjualan pemain berusia 18 ini memang tidak diperkirakan karena produk Akademi La Masia mereka bakal menjadi tulang punggung Barca di kompetisi musim 2024/2025.

Pelatih lama Xavi Hernandez yang memunculkan deretan pemain muda seperti Guiu dan Pau Cubarsi yang menyusul Lamine Yamal. Yamal memang sudah lebih dulu tampil di tim senior Blaugrana bersama Gavi dan Fermin Lopez.

Guiu sesungguhnya memiliki potensi untuk masuk tim senior Barca. Apalagi, dia sudah tampil di La Liga musim lalu.

Pelatih yunior Barca Ivan Carrasco menyebut Guiu sebagai 'pemain klasik nomor 9'. Guiu yang melakukan debut di kompetisi domestik saat melawan Granada ini memang tipikal centre forward yang sangat berbahaya bila sudah berada di kotak penalti.

Chelsea merekrut Guiu dengan harga 6 juta euro pada 1 Juli 2024. Dirinya langsung mendapat kontrak lima tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Hanya saja, Guiu tak akan berlama-lama di Stamford Bridge. Manajer anyar The Blues Enzo Maresca ingin meminjamkan pemain tersebut ke klub lain. Destinasinya tak lain La Liga sehingga Guiu bakal pulang kampung sebelum mencicipi Premier League Inggris.

Peminjaman Guiu karena lini depan Chelsea memang sudah sesak. Maresca memilih memberikan pemainnya ke klub lain agar mendapat kesempatan bermain ketimbang duduk di bench di Chelsea.

Espanyol yang kembali ke La Liga setelah musim lalu mengalami degradasi berniat meminjam Guiu. Pasalnya, Espanyol kehilangan striker Martin Braithwaite yang memutuskan hengkang setelah membawa Espanyol promosi.

Namun Espanyol tidak sendirian memburu Guiu. Sevilla pun tertarik meminjam sosok yang disebut The Guardian sebagai salah satu pemain terbaik kelahiran 2006 ini. Apalagi Sevilla memang butuh pemain depan untuk meningkatkan daya gedor.

Peluang Guiu kembali ke La Liga memang cukup besar. Chelsea hanya perlu menunggu tawaran yang dinilai lumayan bagus untuk meminjamkan Guiu.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)