シェア:

JAKARTA - Bintang muda Vitor Roque mencetak gol dan kemudian dikartu merah saat Barcelona menang mudah 3-1 atas Alaves di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Mendizorroza, Minggu, 4 Februari 2024 dini hari WIB.

Roque mencatat rekor buruk. Baru bergabung dan belum banyak diturunkan oleh pelatih Xavi Hernandez, namun Roque sudah mendapat kartu merah.

Ini menjadi kartu merah pertama pemain berusia 18 ini di Liga Spanyol. Sebelumnya, Roque turut menyumbang gol yang memantapkan kemenangan Blaugrana di pertandingan tersebut.

Gol itu merupakan yang kedua Roque sejak bergabung dengan Barca Januari 2024. Pada laga pekan lalu, dirinya mencetak gol tunggal yang mengantarkan Barca menang 1-0 atas Osasuna.

Kemenangan atas Alaves menjadikan Barca kembali naik ke peringkat tiga dengan menggeser Atletico Madrid setelah mengantungi poin 50. Sedangkan Atletico yang turun ke posisi empat memiliki poin 47. Atletico sendiri baru akan bertanding melawan Real Madrid dalam Madrid Derby di Santiago Bernabeu, Senin, 5 Februari 2024 dini hari WIB.

Sementara, Alaves gagal memperbaiki peringkat. Alaves tetap berada di urutan 12 dengan poin 26. Sama dengan Osasuna, namun Alaves kalah selisih gol.

Di laga itu, Barca tampil maksimal di kandang lawan. Mereka masih terlalu kuat bagi Alaves. Dengan mengandalkan striker Robert Lewandowski, Barca tak kesulitan menekan pertahanan tuan rumah.

Hanya, Los Cules harus menunggu sampai menit 22 sebelum membobol gawang Alaves. Lewandowski yang selama beberapa laga di kompetisi domestik tak mencetak gol akhirnya memecah kebuntuan.

Gol berawal dari umpan Ilkay Gundogan yang kemudian disambut Lewandowski dengan tendangan melambung yang gagal dijangkau kiper Antonio Sivera. Ini merupakan gol ke sembilan penyerang tim nasional Polandia musim ini.

Tidak ada gol lagi yang tercipta di sepanjang babak pertama. Skor 1-0 untuk Barca bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Barca kembali menggebrak dan tidak menurunkan tempo permainan. Strategi ofensif tim mampu menyulitkan pertahanan Alaves.

Hasilnya, Barca memperbesar keunggulan saat laga baru berjalan empat menit. Kali ini, giliran Gundogan yang mencatatkan nama di papan skor setelah menuntaskan umpan matang Pedri.

Alaves mencoba bangkit. Upaya mereka memberi hasil positif di menit 51. Lewat sebuah serangan balik, bek Alex Sola melepaskan umpan silang yang disambut Samu Omorodion. Sundulan Omorodian pun menembus gawang Barca yang mngubah skor menjadi 2-1.

Namun Barca sudah tidak terbendung. Roque yang masuk menggantikan Gundogan di menit 59 hanya butuh empat menit di lapangaan untuk membobol gawang lawan. Gol Rique tercipta setelah dirinya menyambut assist dari bek Hector Fort.

Tak lama kemudian, Roque melakukan pelanggaran dengan menyikut Nahuel Tenaglia. Dirinya pun mendapat kartu kuning di menit 67.

Sayangnya, Roque mendapat kartu kuning kedua karena pelanggaran terhadap Rafa Marin di menit 72. Buntutnya, wasit memberikan kartu kuning kedua sekaligus kartu merah.

Praktis Barca harus bermain dengan 10 orang selama 15 menit terakhir. Beruntung, mereka bisa mempertahankan keunggulan 3-1 sampai laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)