シェア:

JAKARTA - Aston Villa tumbang di kandang sendiri. Dalam laga di Stadion Villa Park, Rabu, 31 Januari 2024 dini hari WIB, Villa dipaksa menyerah 3-1 saat menjamu Newcastle United. Kalah di kandang sendiri menjadikan Villa gagal masuk tiga besar klasemen sementara.

Villa gagal memanfaatkan peluang saat bermain di kandang sendiri. Bahkan tim asuhan Unai Emery sama sekali tak berkutik menghadapi Newcastle.

Kegagalan meraih poin penuh menjadikan Villa tetap menempati posisi empat dengan poin 43. Sama dengan Manchester City, tetapi Villa masih kalah selisih gol.

Sementara, Arsenal yang mengalahkan Nottingham Forest 2-1 berhasil memperbaiki posisinya. Arsenal yang mendapat poin 46 naik ke peringkat dua. Posisi teratas masih dikuasai Liverpool yang memiliki poin 48.

Newcastle sendiri berhasil memperbaiki posisi setelah mendapat tambahan tiga poin. Mereka naik ke peringkat tujuh dengan poin 32. Poin The Magpies sama dengan Brighton and Hove Albion dan Manchester United. Namun Newcastle memiliki selisih gol terbaik sehingga menggeser dua tim tersebut.

Dalam duel itu, Newcastle dibayangi rekor buruk. Tim asuhan Eddie Howe tersebut selalu menelan kekalahan selama lima pertandingan tandang.

Namun, bayang-bayang kekalahan akhirnya pupus. Mereka mematahkan rekor tak pernah menang setelah bek Fabian Schar memecah kebuntuan dengan mencetak gol di menit 32. Dirinya sukses memaksimalkan assist dari tandenya di sektor belakang, Kieran Trippier.

Schar menjadi bintang The Toon Army setelah mencetak brace hanya dalam tempo empat menit. Gol kedua dia tercipta setelah sepakan dari jarak dekat menaklukkan kiper juara dunia Emiliano Martinez.

Sebelumnya, Newcastle juga sudah mengancam pertahanan Villa lewat Anthony Gordon. Namun sepakan pemain depan ini masih melambung di atas mistar gawang. Skor 2-0 untuk Newcastle bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Villa tak kunjung memperbaiki penampilannya. Mereka kembali mendapat tekanan dari serangan Newcastle yang memang tampil impresif meski kehilangan.striker Alexander Isak yang ditarik sebelum babak pertama usai.

Newcastle akhirnya memantapkan keunggulan setelah bek Villa Alex Moreno membuat gol bunuh diri di menit 52. Gol berawal dari umpan Miguel Almiron kepada Jacob Murphy yang kemudian melepaskan tendangan ke gawang.

Upaya Murphy sesungguhnya hendak digagalkan Moreno. Namun bola dari Moreno malah meluncur ke gawang sendiri. Skor berubah menjadi 3-0 untuk tim tamu.

Villa sesungguhnya berusaha mengejar defisit gol. Hanya saja usaha tuan rumah tak membuahkan hasil sampai akhirnya Ollie Watkins memperkecil ketinggalan di menit 71. Dirinya menyelesaikan umpan siang dari Leon Bailey,

Watkins kembali mencetak gol hanya dua menit berselang. Sayangnya, gol kedua dia dianulir karena dalam posisi offside. Skor 3-1 tak berubah sampai akhir laga dan Newcastle yang memenangkan pertandingan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)