シェア:

YOGYAKARTA – Pemilik kendaraan harus tahu apa saja penyebab alarm mobil tidak bunyi saat remot kunci ditekan. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir risiko pencurian baik terhadap barang yang ada di dalam mobil maupun mobil itu sendiri.

Perlu diketahui, saat pemilik kendaraan menekan sistem keamanan lewat remot kunci,  mobil akan mengeluarkan bunyi sebagai tanda bahwa mobil telah terkunci. Sayangnya dalam beberapa kondisi penanda alarm mobil tidak berbunyi saat sistem keamanan telah diaktifkan lewat remot. Hal ini tentu cukup berbahaya karena pemilik kendaraan jadi tidak tahu secara pasti apakah alarm telah aktif atau belum.

Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi

Suara alarm mobil yang tidak berbunyi bisa disebabkan karena berbagai hal. Artikel ini akan memberikan informasi masalah umum apa saja yang menyebabkan alarm mobil tak berbunyi saat dikunci.

  1. Daya Baterai Central Lock Habis

Central lock adalah fitur keamanan yang berfungsi sebagai pusat pengendalian keamanan mobil. Central lock memiliki beberapa tombol, termasuk tombol lock dan unlock. Saat mobil diparkir, pemilik bisa mengaktifkan kunci dan alarm mobil dengan cara menekan tombol lock.

Namun perlu diketahui bahwa central lock membutuhkan daya listrik yang bersumber pada baterai. Saat daya baterai habis atau sangat lemah bisa menjadi penyebab alarm mobil tak berbunyi saat pemilik menekan tombol lock.

  1. Kerusakan pada Central Lock

Central lock juga rawan rusak yang bisa dipicu oleh banyak hal, misalnya penyimpanannya yang sembarangan, atau rusaknya tombol lock karena terlalu sering ditekan. Namun tak perlu khawatir pergantian central lock bisa dilakukan di bengkel resmi.

  1. Mode Valet Aktif

Mode valet mobil adalah mode yang diaktifkan saat pemilik kendaraan menggunakan layanan parkir valet. Biasanya layanan ini ada di tempat umum khusus seperti hotel bintang 5, mall, dan sebagainya. Saat memanfaatkan jasa ini, pemilik harus melonggarkan sistem keamanan dengan mengubah mode on menjadi mode valet.

Saat mode valet aktif, alarm menjadi silent karena petugas harus masuk ke dalam mobil untuk memarkirkan kendaraan sehingga pemilik bisa segera masuk ke gedung.Saat mobil silent dan berada di mode valet, pastikan untuk menggantinya ke mode normal lagi.

  1. Sistem Alarm Rusak

Kerusakan pada sistem alarm mobil juga sangat memungkinkan jadi penyebab mengapa alarm mobil tidak berbunyi saat Anda menekan tombol lock. Kerusakan bisa di berbagai lokasi, bisa di sirine atau modul alarm, atau bisa di bagian sensor atau kabel.

  1. Penutupan Pintu Mobil Kurang Sempurna

Saat Anda menekan tombol lock namun sirine mobil tidak berbunyi, cek lagi apakah pintu mobil tertutup dengan sempurna. Anda harus mengecek pintu satu per satu apakah mereka benar-benar rapat atau belum.

  1. Aki Mobil Soak

Daya yang membantu alarm mobil tetap aktif diambil dari aki. Jika aki mobil soak maka alarm tidak akan berbunyi bahkan lampu tidak akan berkedip saat tombol lock ditekan. Keadaan ini  bisa diatasi dengan melakukan recharge atau penggantian aki.

  1. Kabel Putus

Dalam sistem alarm terdapat berbagai rangkaian komponen yang terdiri dari kabel. Saat kabel terputus atau mengalami kendala lain, alarm mobil tidak akan menyala. Kabel terputus bisa disebabkan karena berbagai hal, salah satunya karena digigit tikus.

  1. Frekuensi Terganggu

Alarm mobil bisa diaktifkan melalui remote yang diaktifkan dengan memanfaatkan frekuensi. Sayangnya frekuensi yang terganggu bisa berdampak pada terganggunya sistem penguncian.

Itulah informasi terkait penyebab alarm mobil tidak bunyi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)