シェア:

BANDAR LAMPUNG - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Lampung telah ditejunkan mengevakuasi korban terdampak banjir yang terjadi pada Jumat (24/5), di Pekon (desa) Sinas Banten dan Pekon Sinar Petir Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.

"Telah terjadi hujan deras pada Jumat 24 Mei sejak siang hingga pukul 22.00 WIB di Pekon Sinar Banten Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus. Sehingga menyebabkan banjir setinggi satu meter dan berdasarkan laporan masyarakat ada tiga orang yang membutuhkan evakuasi dengan segera," kata Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah dalam keterangannya yang diterima di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menjelaskan, Basarnas Lampung telah mengerahkan satu tim penyelamat Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi, serta melaksanakan pertolongan korban yang masih terjebak banjir.

"Setelah tiba di lokasi, tim SAR gabungan langsung berkoordinasi dengan aparat setempat dan menuju rumah warga yang terjebak di Pekon Sinar Banten. Empat orang warga berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan selamat," katanya.

Dia menjelaskan, upaya evakuasi oleh tim SAR gabungan tersebut dilakukan dengan menggunakan tali keselamatan serta perahu karet.

"Kemudian berdasarkan informasi dari Camat Talang Padang, masih terdapat warga di Pekon Sinar Petir yang perlu dievakuasi. Dan pada pukul 00.51 WIB tim tiba kembali di lokasi untuk melaksanakan proses evakuasi, sehingga tiga orang warga tersebut berhasil kembali dievakuasi dalam keadaan selamat," katanya.

Menurut dia, pada Sabtu (25/5) pukul 02.30 WIB setelah tim SAR gabungan melakukan pemantauan dan banjir pun telah berangsur surut.

"Setelah ada koordinasi dengan tim SAR gabungan, dan dengan sudah berangsur surutnya banjir maka operasi SAR dihentikan, dan tujuh orang warga dari dua pekon berhasil dievakuasi dengan keadaan selamat," katanya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)