Rodrygo Cetak Brace Menangkan Real Madrid Atas Athletic Bilbao

JAKARTA - Pemain depan Rodrygo membawa Real Madrid menang 2-0 atas Athletic Bilbao di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Senin, 1 April 2024 dini hari WIB.

Real Madrid tidak hanya mengukuhkan posisinya di puncak klasemen La Liga. Madrid juga berhasil menjauh dari Barcelona dan Girona setelah mengalahkan Bilbao.

Kemenangan atas Bilbao menjadikan Madrid memiliki poin 75. Tim asuhan Carlo Ancelotti kembali unggul delapan poin dengan Barca yang bertengger di peringkat dua. Sedangkan Girona yang menduduki posisi tiga memiliki poin 65.

Sementara Bilabo masih bertahan di zona Liga Champons. Tim menduduki peringkat empat dengan poin 56. Namun mereka hanya unggul satu poin dengan Atletico Madrid yang akan menghadapi Villarreal, Selasa, 2 Apri 2024 dini hari WIB.

Di pertandingan itu, Madrid tidak diperkuat Vinicius Junior yang mendapat larangan bermain. Posisinya digantikan Brahim Diaz yang berduet dengan Rodrygo.

Sedangkan Jude Bellingham menempati posisi di belakang striker. Bellingham sempat diragukan bermain karena absen latihan usai memperkuat Inggris pada dua laga uji coba. Namun dirinya dalam kondisi fit sehingga bisa bermain sejak menit pertama.

Namun yang lebih menggembirakan bagi Madrid tak lain kembalinya bek Eder Militao. Pemain timnas Brasil ini mengalami cedera ACL yang membuat dia harus menjalani operasi dan beristirahat panjang. Dia sudah tidak bermain sejak Agustus 2023.

Milito akhirnya kembali bermain setelah absen selama 232 hari. Dirinya dimasukkan Ancelotti menjelang akhir pertandingan menggantikan Dani Carvajal. Kehadiran Milito menjadikan lini belakang kian solid.

Madrid juga tetap menunjukkan penampilan terbaik di laga tersebut. Meski menghadapi lawan yang berada di papan atas, namun Los Merengues tetap mampu mendominasi.

Pertandingan baru berjalan delapan menit, Rodrygo berhasil membobol gawang lawan. Dirinya menyelesaikan umpan dari Diaz yang dikonversi menjadi gol.

Hanya saja setelah gol itu, Madrid belum bisa memperbesar keunggulan. Skor 1-0 untuk Madrid bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Madrid masih belum bisa menembus pertahanan Blbao. Peluang bagus diperoleh Diaz. Namun sepakannya masih membentur tiang gawang.

Sedangkan Bilbao gagal memberikan tekanan terhadap tuan rumah. Absennya pemain sayap Nico Williams yang cedera otot membuat Bilbao kehilangan kreativitas serangan.

Madrid akhirnya berhasil menambah gol setelah Rodryigo mencetak gol keduanya di menit 73. Umpan matang dari Bellingham menjadiikan pemain depan Brasil ini mencetak brace. Skor 2-0 untuk Madrid dan bertahan sampai akhir laga.

Madrid selanjutnya menghadapi Manchester City pada laga pertama perempat final Lga Champions. Mereka memiliki waktu istirahat cukup lama karena tidak ada pertandingan La Liga pekan depan.

Sedangkan Bilbao melakoni laga final Copa del Rey melawan Mallorca. Ini yang menjadikan pelatih Bilbao Ernesto Valverde tak menurunkan skuat terbaik saat menghadapi Madrid.

Dirinya mengistirahatkan sejumlah pemain pilar, termasuk Nico Williams yang sesungguhnya hanya cedera ringan.