Perkenalkan Produk Baru, Bibit.id Tawarkan Investasi Jangka Pendek dengan Return Stabil yang Dijamin Pemerintah

JAKARTA - Aplikasi investasi digital terkemuka di Indonesia, Bibit.id, baru-baru ini memperkenalkan produk baru, Stable Earn, yang menawarkan opsi investasi alternatif bagi investor yang mencari keuntungan jangka pendek yang stabil.

Stable Earn adalah produk investasi baru Bibit yang ditandai dengan grafik return yang terus meningkat dan stabil ketika investor menahan produk tersebut hingga jatuh tempo. Produk khusus ini hanya memiliki jangka waktu beberapa bulan, sehingga sangat cocok untuk investasi jangka pendek. Saat ini, jangka waktu yang tersedia untuk Pendapatan Stabil di Bibit adalah lima bulan.

Dari segi keamanan, Stable Earn dijamin sepenuhnya oleh pemerintah, memastikan keamanan 100 persen. Kepastian ini berasal dari aset dasar Stable Earn, yang terdiri dari produk investasi obligasi pemerintah jangka pendek yang dijamin oleh pemerintah. Investor tidak perlu khawatir berinvestasi di Stable Earn melalui Bibit, karena seluruh nilai investasi 100 persen dijamin pemerintah tanpa batasan maksimal. Baik pokok investasi maupun keuntungannya dijamin akan diterima investor pada saat jatuh tempo.

PR & Corporate Communication Lead Bibit.id, William, menyatakan peluncuran Stable Earn menjadi solusi bagi investor yang ingin mendiversifikasi portofolio investasinya ke produk investasi jangka pendek. “Selain tujuan investasi jangka panjang seperti dana pensiun dan dana pendidikan anak, banyak investor di Bibit yang sudah memiliki portofolio investasi yang ditujukan untuk jangka pendek. Oleh karena itu, Stable Earn sangat cocok untuk investasi jangka pendek karena grafik pengembaliannya yang stabil secara konsisten pada saat jatuh tempo,” kata William.

Dengan berinvestasi pada Pendapatan Stabil, keuntungan pada hari pembelian adalah keuntungan tetap yang akan diterima investor jika mereka menahan investasi tersebut hingga jatuh tempo. Misalnya, jika mereka membeli Pendapatan Stabil pada tanggal 18 Desember 2023, mereka berpotensi menerima pengembalian sebesar 5,51 persen per tahun jika mereka memegang produk tersebut hingga jatuh tempo pada tanggal 15 Mei 2024.

William menambahkan, selain jaminan pengembalian dan nilai investasi akhir sejak pembelian hingga jatuh tempo, Stable Earn menawarkan beberapa keuntungan lainnya. Pertama, tingkat pengembaliannya melebihi rata-rata suku bunga deposito bank milik negara, yang biasanya berkisar antara 3-4% per tahun. Kedua, berbeda dengan deposito di bank yang hanya dijamin sampai dengan Rp2 miliar per nasabah per bank, investasi pada Stable Earn dijamin oleh pemerintah tanpa batas maksimum karena aset dasarnya adalah Obligasi Negara. Ketiga, tarif pajak untuk Stable Earn hanya 10 persen, sedangkan pajak deposito sebesar 20 persen.

Senada dengan pernyataan William, Doddy Prayogo, seorang investor dan influencer di bidang investasi, menyebutkan bahwa Stable Earn sangat cocok bagi pemula karena aman, imbal hasil menarik, serta grafik imbal hasil yang konsisten naik dan stabil. Minimum pembelian Stable Earn adalah Rp1 juta. Untuk mendapatkannya melalui Bibit, pengguna perlu memastikan akun Bibit mereka ditingkatkan ke Bibit Plus.

Sebelum melakukan pembelian, pengguna juga perlu menyetor dana ke Rekening Dana Pelanggan (RDN). Dari halaman Beranda di aplikasi Bibit, pengguna dapat mengklik Jelajahi dan memilih produk investasi Pendapatan Stabil yang tersedia. Perkiraan waktu penyelesaian pembelian Pendapatan Stabil adalah dalam 2-3 hari kerja sejak pengguna mengirimkan pembelian. Setelah pembelian diverifikasi, pembelian tersebut secara otomatis akan disertakan dalam portofolio Pendapatan Stabil dalam aplikasi Bibit.