Reuni Serial <i>Friends</i> yang Tak Kunjung 'Berjodoh'
Friends (Instagram @jenniferaniston)

Bagikan:

JAKARTA - Serial televisi Friends adalah salah satu acara paling populer sepanjang masa. Dibuat oleh David Crane dan Marta Kauffman, Friends menjadi serial yang paling banyak ditonton dalam sejarah.

Ditayangkan sejak 1994, Friends mengisahkan enam sekawan yang bertemu di sebuah kafe bernama Central Perk. Rachel Green (Jennifer Aniston) kabur di hari pernikahannya dan bertemu dengan Monica Geller (Courtney Cox) di Central Perk dan pindah ke apartemen Monica.

Sejak itu, ia berteman dengan teman-teman Monica; Phoebe Buffay (Lisa Kudrow) seorang tukang pijat, Joey Tribbiani (Matt LeBlanc) aktor yang berjuang, Chandler Bing (Matthew Perry) manajer IT serta Ross Geller (David Schwimmer), adik Monica sekaligus seorang paleontologi.

Setiap episode Friends menghadirkan situasi komedi dengan perjalanan romantis. Permasalahan cinta mereka juga menjadi sentral cerita Friends dan tidak terlepas dari hubungan mereka satu sama lain.

Cerita ini sangat disenangi masyarakat Indonesia. Pada penayangan episode terakhirnya di tanggal 6 Mei 2004, Friends disaksikan lebih dari 52,5 juta penonton. Friends juga dinobatkan sebagai serial yang paling banyak ditonton di era 2000-an.

Rencana Reuni yang Sempat Ditolak

Serial televisi Friends memengaruhi budaya pop masa kini. Mulai dari gaya berpakaian para pemain hingga percakapan serial yang ikonik sangat dikenal hingga saat ini. Karena kepopuleran itu, tidak sedikit penonton yang mengharap berkumpulnya kembali para pemain Friends. Tetapi, ide itu tidak disambut positif baik oleh pemain maupun para kreatornya.

Mereka sempat berkumpul di tahun 2016 tanpa Matthew Perry saat merayakan kontribusi salah satu kreatornya, Jeff Burrows dalam penayangan acara televisi. Mereka pun tidak memiliki rencana untuk melakukan reuni sesungguhnya.

James Michael Tyler, pemeran Gunther sempat mengatakan kalau ide reuni itu akan menjadi sesuatu yang aneh. “Apakah Anda benar-benar ingin menonton serial televisi tentang sekelompok orang di usia 40 tahun yang masih berjuang? Itu akan menjadi tragedi, bukan komedi,” katanya kepada Good Morning Britain.

Dalam sebuah wawancara bersama The Hollywood Reporter pada tahun 2016, Crane dan Kauffman menjelaskan reuni tidak akan terjadi karena “waktunya” sudah berubah. “Serial itu adalah sebuah waktu di dalam hidup Anda ketika teman-teman Anda adalah keluarga Anda. Ketika Anda mulai memiliki keluarga, waktu itu berakhir.”

Jennifer Aniston juga sempat menganggap jika Friends dibuat di masa sekarang, kafe seperti Central Perk (yang ada di dalam Friends) hanya dipenuhi orang-orang yang melihat telepon genggam mereka dan tidak ada percakapan.

David Schwimmer pun pernah membenci kepopuleran yang ia raih. “Sangat mengejutkan dan itu mengacaukan hubungan saya dengan orang lain selama bertahun-tahun. Saya pikir butuh waktu untuk menyesuaikan diri dan menjadi nyaman,” katanya kepada The Hollywood Reporter.

Courtney Cox pemeran Monica Geller juga mengaku sangat sulit bagi keenam pemeran utama untuk sekadar berkumpul. Saat mereka masih muda, mereka bisa saja pergi dan menonton bersama tetapi saat ini mereka yang berusia 40-an tidak memiliki waktu untuk itu. Apalagi beberapa dari pemain Friends disibukkan dengan membintangi sejumlah proyek serial dan film.

Terwujud Namun Terus Tertunda

Permintaan reuni yang selalu diutarakan penggemar akhirnya terwujud juga. Pada Februari tahun lalu, HBO Max, layanan streaming buatan HBO mengonfirmasi adanya reuni para pemain Friends yang awalnya akan dirilis pada Mei 2020.

Melalui sebuah episode spesial, pemain utama akan hadir untuk merayakan 25 tahun penayangan serial Friends. Tidak hanya itu, David Crane dan Marta Kauffman dikonfirmasi menggarap cerita untuk episode spesial ini.

Dipimpin sutradara Ben Winston, para pemain akan berkumpul tanpa skrip dan mengunjungi tempat syuting orisinal Friends untuk menceritakan proses syuting saat itu.

Jennifer Aniston, Courtney Cox, dan Lisa Kudrow juga sempat muncul dalam acara penghargaan Emmy pada September 2020. Ketiganya menyapa penonton dari rumah dan menceritakan proses reuni yang sedang dibuat.

Matthew Perry pun meyakinkan kalau syuting Friends akan dimulai pada Maret 2021 namun penayangannya terus tertunda karena pandemi COVID-19. Tim produksi akan melakukannya setelah kondisi aman.

Baru-baru ini, Lisa Kudrow mengatakan proses produksi sudah berjalan. “Saya sudah melakukan pre-shot, jadi kami akan melakukannya,” kata Kudrow lewat acara siniar Literally! bersama Rob Lowe.

Kudrow juga mengatakan episode spesial Friends untuk HBO Max tidak akan menampilkan ke enam aktor sebagai karakter mereka di serial tersebut. Namun, mereka mengikuti konsep reuni pemain Fresh Prince of Bel-Air di mana para pemain mengenang proses pembuatan dan kepopuleran serial.

Penggemar yang menantikan reuni Friends, penonton bisa berekspektasi menyaksikan episode spesial itu di tahun ini melalui perilisan di HBO Max secara eksklusif.