Alokasi Rp4 Miliar untuk Lansia Terdampak COVID-19 di Pamekasan Dicairkan Lewat Puskesmas 13 Kecamatan
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat berdialog dengan warga lanjut usia (lansia) (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur (Jatim) mengalokasikan anggaran sebesar Rp4 miliar untuk membantu warga lanjut usia (lansia) terdampak COVID-19 di wilayah itu.

Kepala Dinas Sosial Pemkab Pamekasan Moh Tarsun mengatakan, anggaran sebesar itu akan dialokasikan berupa makanan, yakni untuk makan siang dan makan malam.

"Pola penyalurannya melalui puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Pamekasan ini," jelas dia dilansir Antara, Senin, 18 Januari. 

Selain memberi bantuan makanan, warga lansia penerima bantuan itu juga mendapatkan perawatan berupa pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis secara berkala.

"Ada sekitar 400 warga Lansia terdampak COVID-19 yang menerima bantuan tersebut di tahun 2021 ini," kata Tarsun.

Selain dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dalam berupaya meringankan beban warga terdampak COVID-19, program bantuan makanan kepada para Lansia ini juga sebagai bentuk perhatian pemkab pada warga.

"Sasaran utamanya adalah warga miskin dan kurang mampu," ujar Tarsun.

Bantuan makanan oleh Pemkab Pamekasan kepada Lansia ini merupakan salah satu bentuk bantuan langsung yang digelar Pemkab Pamekasan di masa pandemi COVID-19.

Jenis batuan lainnya berupa bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD), bantuan sembako kepada peserta PKH, bantuan pada petani dan seniman terdampak COVID-19, serta bantuan modal usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.