Johnson & Johnson Janjikan Sembilan Juta Dosis Vaksin untuk Afrika Selatan
Petugas kesehatan tampak di lapangan parkir Rumah Sakit Akademi Steve Biko, Pretoria, Afrika Selatan (Siphiwe Sibeko/Antara, Reuters)

Bagikan:

JAKARTA - Negara Afrika Selatan, yang belum menerima vaksin virus corona pertamanya, telah dijanjikan sembilan juta dosis vaksin oleh Johnson & Johnson. Hal itu dikabarkan surat kabar Business Day, Senin, 18 Januari, mengutip juru bicara kementerian kesehatan.

Pemerintah Afrika Selatan sedang berjuang mendapatkan cukup vaksin COVID-19 setelah para petugas kesehatan dan ilmuwan secara terbuka mengkritik pemerintah karena tidak bergerak cukup cepat memvaksin warganya.

Negara itu telah mencatat lebih dari 1,3 juta kasus infeksi corona dan lebih dari 37 ribu kematian akibat COVID-19, yang merupakan jumlah terbesar di Afrika. Business Day menyebut sembilan juta dosis itu membuat total dosis vaksin COVID-19 yang telah dijanjikan kepada Afrika Selatan menjadi lebih dari 30 juta.

Sekitar 12 juta dosis vaksin COVID untuk Afrika Selatan akan berasal dari skema distribusi vaksin global COVAX, sekitar 12 juta dari pengaturan Uni Afrika, dan 1,5 juta dari Serum Institute of India yang memproduksi vaksin COVID AstraZeneca.

Juru bicara kementerian kesehatan Lwazi Manzi tidak menanggapi pesan atau panggilan telepon untuk permintaan komentar perihal rencana penyediaan vaksin COVID Afrika Selatan. Begitu pula dengan pihak Johnson & Johsnon yang belum menanggapi surel untuk permintaan komentar.

Anban Pillay, Wakil Direktur Jenderal di Kementerian Kesehatan Afrika Selatan mengatakan kepada Reuters bahwa selain 20 juta dosis yang dikatakan Presiden Cyril Ramaphosa pekan lalu telah diamankan, "dosis vaksin tambahan telah diamankan tetapi kami tidak dapat membuat pengumuman sampai kami mengatasi beberapa masalah dengan pemasok."

Kementerian kesehatan Afrika Selatan juga mengatakan pada awal bulan ini bahwa pihaknya sedang dalam negosiasi lanjutan dengan Johnson & Johnson. Perusahaan farmasi lokal Aspen akan memproduksi vaksin COVID J&J. Namun, kecuali kesepakatan tegas ditandatangani dengan pemerintah Afrika Selatan, semua vaksin tersebut akan diekspor.