Partager:

JAKARTA - PT Mekar Investama Teknologi, platform pinjaman peer to peer berlisensi dengan fokus pendanaan pada UMKM yang tidak memiliki akses perbankan atau unbankable di Indonesia, berkomitmen turut serta memberantas jaringan pinjaman online ilegal yang kerap merugikan masyarakat saat ini.

Guna merealisasikan komitmen tersebut, salah satu upaya perusahaan dengan menggandeng Serikat Pekerja Nasional (SPN) untuk berkolaborasi dalam memperluas sektor penyaluran pendanaan pada segmen karyawan di Indonesia, dimulai dengan pendanaan kepada karyawan PT Long Rich Indonesia yang dibarengi dengan kegiatan edukasi dan literasi keuangan.

Direktur Utama PT Mekar Investama Teknologi Pandu Aditya K. mengatakan kerja sama dengan SPN PT Long Rich Indonesia, merupakan langkah awal Perusahaan dalam melakukan ekspansi pendanaan. PT Long Rich Indonesia sendiri merupakan perusahaan manufaktur sejumlah merek sepatu terkenal yang di dalamnya memiliki 22.000 karyawan.

Menurut Pandu, sejak lebih dari tujuh tahun terakhir, MEKAR telah berfokus pada pendanaan UMKM unbankable melalui kerja sama dengan koperasi. Hingga saat ini tercatat sudah lebih dari 100.000 pelaku usaha mikro dan kecil yang mayoritas adalah perempuan telah mendapatkan manfaat dari pendanaan alternatif melalui platform MEKAR.

Namun, sisi lain sebagai pelaku industri P2P, Perusahaan tentu tidak serta merta menutup mata dengan dinamika industri yang terjadi. Pandu menyebut MEKAR melihat masalah lain yang cukup serius yaitu maraknya pinjol ilegal dan inklusi keuangan yang tidak diimbangi dengan literasi keuangan.

"Akibatnya, banyak anggota masyarakat yang terjerat predatory lending oleh pinjol ilegal. Selain itu, banyak juga yang mengakses layanan pendanaan alternatif dengan kurang bertanggung jawab sehingga malah memberatkan kondisi keuangan peminjam. Untuk itu layanan terbaru kami hadir dengan harapan masyarakat khususnya pekerja yang membutuhkan pendanaan tambahan dapat menemukan solusi yang tepat dan aman," katanya melalui siaran pers, Jumat 5 Juli.

Pandu menyebut tujuan pendanaan pada individu ini tentunya akan tetap berfokus pada pemenuhan kebutuhan dana darurat ataupun kebutuhan lain yang produktif.

Perusahaan akan melakukan hal tersebut melalui kerjasama dengan perusahaan dan serikat pekerja untuk memberikan fasilitas pendanaan kepada pekerja dengan tingkat biaya yang terjangkau dan tenor pinjaman yang lebih panjang untuk memastikan pekerja tidak terbebani dalam memenuhi kewajiban pembayaran.

Kerja sama dengan perusahaan dan serikat pekerja juga diperlukan untuk memastikan literasi dan edukasi keuangan kepada calon peminjam dapat dilakukan dengan efektif sehingga pekerja dapat memanfaatkan layanan ini dengan bertanggung-jawab.

"Kami berharap dengan perluasan layanan ini serta literasi keuangan yang kami lakukan secara bersamaan, para pekerja dapat terbebas dari jeratan pinjol ilegal, mampu mengakses layanan pendanaan alternatif yang terjangkau, serta dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan bertanggung-jawab untuk memenuhi kebutuhan darurat maupun meningkatkan kualitas hidup penerima dana," ujarnya.

Direktur utama PT Long Rich Indonesia Mr James mendukung penuh kegiatan kolaborasi yang difasilitasi oleh MEKAR guna memberikan kemudahan pendanaan SPN PT Long Rich Indonesia. Menurutnya, kerja sama ini akan membantu karyawan memenuhi kebutuhan mereka yang pada akhirnya akan membuat karyawan lebih fokus dan produktif.

"Kami berharap dengan kolaborasi ini akan menghindarkan pekerja kami dari jeratan pinjol illegal dan menjadikan para pekerja lebih teredukasi terkait keuangan," kata Mr James.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)