Partager:

JAKARTA - Seorang ibu rumah tangga bisa lho membantu suami untuk menambah penghasilan dengan menjalani bisnis sampingan yang dapat dilakukan dari rumah. Banyak beberapa ide bisnis sampingan yang bisa dijalani seorang ibu rumah tangga. Dan pastinya mendatangkan cuan lho.

Bisnis sampingan adalah pekerjaan atau aktivitas bisnis yang tumpang tindih dengan aktivitas lain. Oleh karena itu, usaha sampingan ini sangat cocok untuk para istri yang memiliki anak kecil atau mereka yang ingin membantu perekonomian keluarga.

Banyak peluang usaha serupa dengan modal yang lebih sedikit dan peluang usaha itu sendiri bisa muncul dari hobi dan keterampilan ibu rumah tangga. Berikut ide bisnis sampingan ibu rumah tangga yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Menjual Frozen Food

Permintaan frozen food atau makanan beku setiap hari semakin meningkat, terutama sejak merebaknya Covid-19 di Indonesia. Banyak orang berlomba-lomba untuk memulai usaha sampingan ibu rumah tangga ini untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Nah, kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan menawarkan makanan beku yang disukai banyak orang. Meski demikian, untuk menjalani bisnis ini kamu membutuhkan modal yang besar, karena membutuhkan lemari pedingin termasuk makanan beku yang ingin Anda jual.

Manfaat yang kamu dapatkan jauh lebih besar jika kamu membeli produk langsung dari produsen atau pengecernya. Langkah-langkah yang bisa kamu coba jika ingin mencoba trading ini adalah:

1. Kamu bisa menjual produk frozen food berdasarkan apa yang disukai kebanyakan orang, bisa berupa merek, jenis makanan, dll.

2. Manfaatkan harga diskon atau penawaran tunai jika Anda membelinya dalam jumlah kecil.

3. kamu dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan atau dari mulut ke mulut.

4. Ketahui target pasar yang mudah kamu jangkau saat memulai bisnis, seperti ibu sekolah, tetangga, keluarga, teman kerja, dan lain sebagainya.

5. Pastikan kualitas terbaik, pengiriman terbaik, dan umpan balik yang ramah.

2. Laudry Kiloan

Saat ini banyak orang yang sibuk bekerja sehingga sering melalaikan pekerjaannya, seperti mencuci pakaian kotor. Banyak pekerja kantoran di kota besar cenderung melakukan hal ini. Jadi jika rumah berada di kawasan perkantoran, kampus, atau industri, ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi seorang ibu rumah tangga.

Bisnis ini cenderung mengutamakan pelayanan pelanggan yang baik, harga bersaing, serta hasil laundry yang bersih dan harum sehingga lebih banyak pelanggan yang puas dengan layanan laundry yang kamu berikan.

Modal awal yang harus kamu keluarkan sangat besar. karena kamu harus menyiapkan peralatan seperti mesin cuci, pengering, mesin, model, timbangan, dll. Modal yang dikeluarkan bisa mencapai puluhan jutaan rupiah, namun keuntungan yang kamudapatkan bisa dikatakan sangat signifikan.

Pada umumnya jasa laundry di kota-kota besar saat ini berbayar sebesar Rp. 6.000 - 10.000/1 kg, harga ini berbeda untuk potong saja atau cuci saja. Lain halnya jika kamu mencuci sprei, selimut, boneka, gorden dan barang berukuran besar.

Strategi yang dapat kamu lakukan:

1. Berikan hadiah yang pantas kepada teman.

2. Gunakan media sosial seperti media sosial atau manfaatkan dari mulut ke mulut untuk mempromosikan bisnis kamu.

3. Berikan layanan yang ramah. Layanan laundry didasarkan pada target pelanggan atau tenggat waktu.

4. Gunakan sumber daya terbaik. Menjaga sikap dan etos kerja terbaik.

5. Menjaga pakaian tetap bersih, harum dan teratur.

3. Guru Les Privat

Pekerjaan ini cocok untuk ibu-ibu yang memiliki keterampilan mengajar. Bahkan, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa banyak uang. Bahkan, penghasilan guru private lebih tinggi dibandingkan guru di sekolah reguler.

Apalagi jika sudah banyak orang yang mempercayai kemampuan kamu dalam menerangkan materi pelajaran. Kamu dapat menggunakan rumah sebagai pusat belajar. Atau bisa juga mengajar dengan mendatangi rumah siswa secara langsung, tergantung keinginan orang tua siswa.

Menghitung nilai jasa bimbingan belajar sebenarnya sangat mudah. Mari kita ambil contoh. Misalnya kamu menawarkan les privat dua kali sehari dengan tarif Rp 50.000 per sesi. Jadi, keuntungan kamu adalah 2 x Rp50.000 = Rp100.000.

Tingkat pekerjaan kamu juga dapat bervariasi berdasarkan level dan tingkat kesulitan. Jadi, sebelum menetapkan harga sendiri, kamu harus memeriksa biaya layanan bimbingan belajar di daerah kamu.

4. Jualan Makanan Ringan

Jualan makanan ringan juga bisa menciptakan usaha sampingan yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga. Ada banyak ide bisnis makanan yang bisa kamu jual.

Jika kamu jago mengolah makanan, tidak ada salahnya memilih ide bisnis ini. Ada banyak tips berjualan makanan ringan untuk ibu rumah tangga. Silahkan pilih berdasarkan selera kamu, mulai dari kentang goreng, kue dan masih banyak lainnya.

Strategi yang dapat Anda lakukan untuk bisnis ini adalah:

1. Menawarkan menu yang berbeda dari produk lainnya.

2. Sediakan kemasan yang menarik untuk menarik pembeli.

3. Memberikan harga yang sesuai dengan target pasar.

4. Gunakan media sosial sebagai media utama.

5. Berikan layanan yang ramah.

5. Berjualan Pulsa atau Kuota

Mulai saat ini berjualan pulsa atau kuota tidak perlu memiliki tempat yang menarik di pinggir jalan. Kamu bisa memulainya meski harus berdiam diri di rumah. Pemasaran ini bisa dilakukan melalui WhatsApp atau Facebook.

Layanan ini sangat cocok untuk bisnis sampingan meskipun pasarnya tidak luas. Selain itu kamu juga bisa melayani pembayaran kredit, pembayaran tagihan listrik, PDAM, dll. Padahal, penyedia layanan pinjaman mencakup listrik, PDAM,dan pembayaran online lainnya.

6. Usaha Kerajinan

Bisa dibilang usaha kerajinan ini adalah usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang mencari penghasilan kecil. Produk kerajinan ini lebih mudah berbelanja online daripada produk makanan. Jenisnya juga banyak.

Mulai dari aksesoris fashion seperti tas hingga dekorasi rumah. Kamu bisa mencoba pasar terlebih dahulu untuk menemukan produk yang banyak diminati.

Keuntungan bisnis sangat besar. Salah satu contohnya adalah aksesoris pernikahan. Sekali pakai, bisa mencapai ratusan keping. Padahal bahan yang kamu gunakan bisa berasal dari barang bekas yang kamu olah.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika bisnis sampingan ini bisa sukses menghasilkan jutaan rupiah. Lalu bagaimana cara memulai bisnis ini? Untuk memulai bisnis ini, kamu dapat melakukan hal berikut:

1. Membuat produk seni yang menarik;

2. Mempromosikan pemasaran dan media sosial;

3. Lihat jawabannya dan terus perbarui untuk produk baru;

4. Produk yang diterima dengan baik dapat ditingkatkan melalui iklan

Meski demikin untuk memulai beberapa ide bisnis sampingan diatas tentu ada yang membutuhkan modal yang kecil dan ada juga membutuhkan modal yang besar hingga puluhan juta. Lantas apa yang harus kamu lakukan jika modal yang kamu miliki belum cukup.

Menjawab persoalan tersebut tentu langkah yang paling cepat dan mudah adalah mengajukan pinjaman pada lembaga pembiayaan. Dalam hal ini, direkomendasikan BFI Finance yang dapat memberikan pinjaman dana tunai.

Selain itu, BFI Finance juga bisa memberikan pinjaman modal usaha dengan nilai yang besar dengan mengajukan pembiayaan dengan jaminan. Untuk bunga pun sangat bersaing sehingga tidak memberatkan nasabahnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)