Partager:

JAKARTA - Denmark harus bekerja keras sebelum mengalahkan Swiss yang bermain dengan sembilan pemain di pertandingan UEFA Nations League. Dalam duel di League 1 Grup 4 di Stadion Parken, Jumat, 6 September 2024 dini hari WIB, Denmark menang 2-0.

Denmark kehilangan striker Rasmus Hojlund yang masih cedera. Tanpa penyerang Manchester United ini, Denmark mengandalkan Kasper Dolberg di lini depan.

Namun pemain debutan Patrick Dorgu yang menjadi bintang kemenangan Denmark setelah berhasil memecah kebuntuan. Dorgu tampil sebagai pemain pengganti di menit 81. Hanya berselang satu menit, dia sukses membuka keran gol Denmark dan berhasil menutup laga dengan kemenangan.

Laga melawan Swiss memang berjalan ketat. Denmark mengalami kesulitan menembus pertahanan kokoh Swiss yang digalang bek Manchester City Manuel Akanji. Sedangkan di tengah ada gelandang Bayer Leverkusen Granit Xhaka yang mampu menjadi motor permainan Swiss dengan sangat baik.

Denmark yang tampil di kandang sendiri memang unggul dalam ball possession. Hanya saja serangan mereka selalu gagal membuahkan gol.

Peluang terbaik diperoleh Denmark di babak kedua saat wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran yang dilakukan bek Nico Elvedi terhadap Dolberg di menit 52. Namun setelah meninjau insiden lewat VAR, wasit Daniel Siebert mengubah keputusannya.

Dia membatalkan penalti itu dan hanya memberi tendangan bebas karena pelanggaran terjadi di luar kotak penalti. Hanya saja, Elvedi mendapat kartu merah atas pelanggarannya.

Menghadapi lawan yang bermain dengan 10 orang, Denmark masih belum bisa memanfaatkan keuntungan tersebut untuk mencetak gol.

Jonas Wind yang masuk menggantikan Dolberg sempat berhasil membobol gawang Swiss di menit 82. Sayangnya gol tersebut dianulir karena dia sudah berada di posisi offside sebelum mencetak gol.

Namun sembilan menit kemudian, Dorgu sukses mengatasi kebuntuan. Pemain berusia 19 ini baru masuk menggantikan Victor Nelsson dan tak lama kemudian membobol gawang Swiss setelah menyelesaikan assist Andreas Skov Olsen.

Setelah unggul 1-0, Denmark bermain lebih agresif. Mereka kembali mendapat keuntungan setelah Xhaka mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah di menit 87.

Kepergian kapten Swiss itu menjadikan mereka harus bermain dengan sembilan orang. Permainan Swiss pun tak lagi solid. Terbukti, Denmark mampu memanfaatkan kesempatan itu dengan baik.

Kapten Pierre Emil Hojbjerg sukses memantapkan keunggulan Denmark di injury time. Olsen kembali berperan dalam proses gol kedua Denmark. Umpan matang dia berhasil dituntaskan Hojbjerg yang mengubah skor menjadi 2-0.

Keunggulan dua gol itu bertahan sampai akhir laga. Denmark yang mendapatkan tiga poin pun bertengger di puncak klasemen. Sementara pada pertandingan lain, juara Euro 2024 Spanyol ditahan Serbia tanpa gol.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)