[WEEKEND] Pasokan Chip Komputer Terhambat, Pabrikan Otomotif Menjerit
Ford Focus RS. (Andrei Ianovskii/Unsplash)

JAKARTA - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, Ford, terpaksa menghentikan produksi pabrik milik mereka di Saarlouis, Jerman, selama sebulan sejak 18 Januari hingga 19 Februari mendatang.

Pabrik yang mempekerjakan sekitar 5 ribu orang tersebut diketahui memproduksi Ford yang paling populer di Eropa, Ford Focus. Pangkal masalahnya adalah kurangnya chip komputer untuk proses produksi.

"Kami terus memantau situasi dan menyesuaikan jadwal produksi untuk meminimalkan efek pada karyawan, pemasok, pelanggan, dan dealer kami di seluruh Eropa. Saat ini, kami tidak mengantisipasi tindakan serupa di fasilitas Eropa kami yang lain," kata juru bicara Ford seperti dilansir CNN

Ford terpaksa menutup pabrik SUV di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat pekan lalu karena kekurangan semikonduktor. Tetapi penutupan di Jerman menunjukkan bahwa masalahnya, yang memengaruhi pembuat mobil di seluruh dunia, bisa menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik.

Produsen semikonduktor terkemuka mengalihkan kapasitas dari produsen mobil tahun lalu setelah pandemi memangkas penjualan mobil. Persediaan menjadi terbatas dan pembuat mobil berjuang untuk mengamankan chip yang mereka butuhkan.

pabrik mobil
Ilustrasi pabrik mobil. (carlos aranda/Unsplash)

Ganggu produksi

Ford tidak sendirian, tercatat Volkswagen, Fiat Chrysler, Toyota, Nissan dan Honda, adalah di antara pembuat mobil lain yang menderita kekurangan chip. Padahal ini komponen penting, digunakan dalam banyak aplikasi, termasuk sistem bantuan mengemudi. Rata-rata mobil memiliki antara 50 hingga 150 chip.

"Produsen kendaraan ringan menemukan peningkatan gangguan pada pasokan sistem yang menggunakan semikonduktor pada kuartal pertama. Situasinya sangat berubah-ubah," kata Mark Fulthorpe, direktur eksekutif tim otomotif IHS Markit.

Gangguan tersebut terjadi pada saat yang genting bagi pembuat mobil, yang mengalami jatuhnya penjualan di bulan-bulan awal pandemi, namun tetap berada di bawah tekanan kuat dari regulator global untuk berinvestasi besar-besaran dalam mobil listrik. 

Perusahaan riset Bernstein memperkirakan penjualan kendaraan global akan tumbuh 9 persen pada 2021, menyusul penurunan 15% yang diharapkan tahun lalu. Namun, rencana ini terancam tidak terealisasi lantaran pabrikan otomotif kekurangan chip komputer.

pabrik mobil
Ilustrasi. (Science in HD/Unsplash)

Volkswagen (VLKAF) mengatakan dalam sebuah pernyataan bulan lalu bahwa mereka perlu menyesuaikan produksi di pabrik di China, Amerika Utara dan Eropa pada kuartal ini. Perubahan tersebut akan memengaruhi produksi VW Golf terlaris, serta model dari merek Audi, Skoda, dan Seat.

Menurut analis UBS, pembuat mobil terbesar di dunia itu bisa kehilangan produksi 100.000 unit dalam tiga bulan pertama tahun ini, atau sekitar 4% dari output kuartalan global, sebagai akibat dari kekurangan komponen.

"Kami melakukan segala daya kami untuk meminimalkan produksi yang hilang dan untuk memastikan bahwa pengiriman normal ke pelanggan dapat dilanjutkan secepat mungkin," kata manajer pembelian Volkswagen Group Murat Aksel dalam sebuah pernyataan bulan lalu.

Audi mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah memberhentikan 10.000 pekerja karena kekurangan chip, dengan pola produksi dan shift yang terpengaruh di pabrik di Jerman dan Meksiko. Produksi sedan A4 dan cabriolet A5 mewah telah dihentikan sementara di Neckarsulm, Jerman, hingga 29 Januari.

"Kami saat ini sedang melihat berbagai tindakan pencegahan dan alternatif yang dirancang untuk mengurangi dampak kemacetan pasokan dan, pada gilirannya, meminimalkan jumlah kendaraan yang terkena dampak," kata seorang juru bicara. 

ilustrasi
Ilustrasi. (Brock Wegner/Unsplash)

Fiat Chrysler mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya akan menunda dimulainya kembali produksi setelah jeda yang dijadwalkan di pabrik Toluca, Meksiko, yang membangun Jeep Compass. Itu juga telah menjadwalkan waktu henti di pabrik Kanada di Ontario, yang memproduksi Chrysler 300, Dodge Charger dan Dodge Challenger.

Produsen mobil Jepang juga dirugikan. Toyota mengatakan telah terpaksa menghentikan sementara produksi di sebuah pabrik di Guangzhou, China, pada 12 Januari, dan memotong produksi di pabrik Texas yang membuat truk pickup Tundra. Nissan dan Honda sama-sama mengatakan mereka "menyesuaikan" produksi sebagai tanggapan atas kekurangan tersebut.

Hyundai Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa mereka melakukan upaya untuk mengoptimalkan pasokan suku cadang untuk memastikan produksi yang stabil di setiap pusat produksi.

Merek mewah Jerman BMW mengatakan pekan lalu bahwa mereka belum harus berurusan dengan gangguan produksi tetapi dalam 'kontak konstan' dengan pemasoknya. General Motors dan Renault Prancis mengatakan mereka bekerja dengan pemasok untuk mengurangi dampak pada produksi, sementara Mercedes-Benz milik Daimler mengatakan sedang 'memantau situasi'.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)