<i>Game</i> Blocklords: Cara Bermain dan Aturannya untuk Mendapatkan Uang
Game Blacklords. berbasis blockchain. (foto: lacklords)

JAKARTA – Game berbasis blockchain terus bermunculan dalam beberapa bulan terakhir. Salah satunya adalanh Blocklords, game strategy MMO (Massively Multiplayer Online). Game NFT Blocklords merupakan garapan MetaKings Studios. Ini adalah game play-to-earn, di mana pemain dapat menghasilkan uang dengan bermain gim.

“Game pertama kami, BLOCKLORDS, adalah pengalaman multiplayer yang imersif dan permainan strategi yang memungkinkan Anda untuk membuat petualangan unik Anda sendiri di dalam alam semesta abad pertengahan,” tulis keterangan dari laman resmi Blocklords.

“Dengan berpartisipasi dalam berbagai gaya bermain yang menarik termasuk bertani, bertarung, manajemen sumber daya, dan mengatur pemerintahan, keputusan dan keterampilan Anda akan berdampak pada ekonomi terbuka yang sama, memberi Anda kebebasan penuh untuk membentuk dunia BLOCKLORDS yang luas di tingkat tertinggi. Dunia ini penuh dengan peluang, risiko, dan hadiah,” tambah keterangan tersebut.

Blocklords merupakan gim play-to-earn (P2E) yang sangat dinanti-nantikan. Dalam game tersebut, pemain bakal diberikan kebebasan untuk bermain sesuai keinginan. Dalam gim ini, pemain yang akan menggerakan cerita, menentukan takdir para hero mereka. Karena ini game P2E, pemain tidak hanya akan mendapat kesenangan semata tapi juga akan mendapatkan uang sambil memainkan Blacklords.

VOI.id akan memaparkan informasi mengenai game Blocklords dan cara memainkannya sebagaimana yang akan dipaparkan berikut ini!

Mengenal Game Blocklords

MetaKings Studios pertama kali meluncurkan game Blocklords pada bulan Oktober 2019. Gim ini merupakan game perdana MetaKings yang mengusu tema sejarah. Kemudian pada tahun 2022, MetaKings secara resmi merilis Blocklords sebagai gim MMO pertama yang mendapat dukungan dari Seascape Network.

Dilansir Cointelegraph, para pendiri Blocklords, David Johansson dan Nicky Li, ingin menciptakan dunia di mana setiap pemain memiliki kendali penuh atas hero mereka (karakter yang mewakili pemain dalam game) dan juga bisa mencari nafkah sambil bermain. Sebagai game kripto play-to-earn, Blocklords membuat gamifikasi proses orientasi pemain baru, menciptakan hero sesuai dengan atribut yang mereka pilih.

Cara Bermain Game Blocklords

Blocklords menawarkan narasi yang digerakkan oleh pemain yang dirancang untuk semua jenis pemain, memungkinkan mereka untuk memainkan game sesuai kesukaan mereka. Dalam game strategi P2E ini, pemain diberdayakan untuk membentuk dunia di sekitar mereka di level mana pun. Para pemain juga akan mendapatkan pengalaman mereka sendiri, dan memiliki aset digital mereka.

Para pemain akan memulai game ini sebagai Petani. Ini adalah level paling dasar sebelum naik ke level yang lebih kompleks seperti ksatria, perampok, menjadi seorang tuan yang kaya. Setelah itu semua dilalui, mereka berpotensi naik ke level yang lebih tinggi lagi yakni Raja atau Ratu.

Dalam hal ini, pengalaman setiap hero yang dimainkan akan berbeda-beda, baik ketika jadi seorang petani sederhana maupun jadi Raja atau Ratu. Blacklords memberikan pengalaman terbaik kepada para pemainnya dengan berbagai strategi unik. Pemain bebas memilih warisan mereka sendiri untuk pahlawan mereka dan menikmati permainan seperti yang mereka inginkan.

Komponen Penting dalam Gameplay Blocklords

  1. Hero

Hero adalah karakter berbasis NFT dalam game ini. Hero akan sepenuhnya menjadi milik pengguna. Hero menampilkan statistik dan sifat individu yang unik. Seiring berkembangnya kemampuan pemain dalam game, karakter pahlawan mereka juga akan berkembang. Inilah yang akan menentukan jalannya permainan mereka.

Hero dalam Blocklords meliputi: Farmer, Knight, Raiders, Lord, Lady, King dan Queen. Pilihan gameplay yang tersedia untuk pemain tergantung pada apa yang mereka perankan. Kegunaan pemain di Blocklords tergantung pada upaya dan keterampilan dalam permainan.

Setiap hero akan memiliki umur yang terbatas untuk menjalankan kehidupannya. Oleh karena itu, mereka harus mewariskan kepemilikan mereka kepada anak cucunya. Fitur dinasti pada Blocklords memungkinkan pemain untuk meneruskan sifat dan atribut unik heroes mereka kepada keturunannya. Fitur ini memungkinkan para hero untuk terus hidup terlepas dari nasib masing-masing. Gim ini juga memungkinkan pemain untuk menukar hero dengan karakter yang diinginkan oleh para pemain. Menarik, bukan?

  1. Farm

Untuk berhasil memainkan Blocklords, para pemain harus memiliki pasokan sumber daya yang stabil. Pasokan ini akan diolah oleh para petani dengan berbagai cara termasuk mengumpulkan, menambang, mengolah, dan membuat berbagai bahan untuk menciptakan mata uang. Ketika seorang pemain bergabung dengan Blocklords, mereka mulai sebagai Petani kecuali mereka adalah seseorang yang sudah memiliki karakter tertentu.

Petani dapat memilih wilayah, yang dikendalikan oleh Lord atau Lady, untuk menetap. Lord/Lady akan membentuk kelompok, bersaing dalam peperangan di mana pemenang akan menjadi Raja/Ratu.

Berperan sebagai Petani, pemain akan bekerja, memanen, dan membangun rumah di lahan pertanian. Seseorang dapat menyewa Petani tambahan dari pemain lain untuk mendapatkan bantuan, tetapi perlu diingat bahwa mereka juga mengkonsumsi makanan. Untuk memberikan bonus ke desa, seseorang dapat menampung para pekerja serabutan di dalam bangunan.

Di peternakan, pemain memiliki banyak cara untuk mendapatkan hadiah. Ini termasuk mengelola hewan dan ternak, berdagang di pasar, dan membuat barang yang lebih baik daripada yang lain. Bekerja sama dengan pemain lain membantu pemain untuk mendapatkan lebih banyak hadiah.

  1. Perang

Pemain yang mengolah sumber daya yang cukup akan meninggalkan pertanian mereka dan memilih untuk menjadi Raider atau Knight. Raiders adalah tentara bayaran yang menyerang Petani sesuka hati, menjarah desa dan mencuri sumber daya dari Lords. Mereka memiliki jangka waktu yang terbatas untuk kegiatan ini, tetapi jika para pemain bermain dengan benar, mereka bisa mendapatkan hadiah yang besar.

Knight adalah hero yang digaji oleh Lord. Tugas mereka adalah mempertahankan Petani dan desa, dan membunuh Raiders yang mereka temui. Keberanian mereka melawan para Raiders memberi mereka keuntungan yang besar dan memungkinkan mereka untuk naik pangkat. Seorang Ksatria dengan sumber daya yang cukup mungkin akan memilih peran baru.

  1. Peraturan dalam Blocklords

Mereka yang berhasil memerankan Lord atau Lady dengan menuntaskan berbagai task dan tanggung jawabnya. Lord dan Lady bakal menjadi pengontrol atas kepemilikan tanah yang luas. Setiap tindakan mereka akan berdampak langsung terhadap wilayah kekuasaan mereka. Lord dan Lady menginstruksikan pemungutan pajak dan sumber daya tertentu dari para Farmer, membayar gaji, memberikan hadiah kepada para Knight, dan mengembangkan infrastruktur.

Para Lord dan Lady menggunakan sumber daya mereka seperti Knight, Farmer, dan tanah secara efisien untuk kemudian membangun kota dan menjadikannya sebagai pusat perdagangan. Mereka juga harus mengamankan pemukiman mereka dari Raiders dan Lord pesaing. Memiliki Knight dan Farmer yang cakap adalah kunci kesuksesan mereka. Mereka juga dapat membentuk aliansi dengan para Lord dan Lady lainnya.

  1. Penaklukan

Lords dan Lady yang menaklukan jalan yang tidak dilakukan oleh orang lain dapat naik ke pangkat King atau Queen, level tertinggi di Blocklords. Ketika mereka menjadi raja atau ratu, mereka  bisa memerintah dengan cara yang adil atau dengan tangan besi. Pemain dapat memilih cara mereka mengatur kekuasannya.

Selain itu, baik raja atau ratu akan bertanggung jawab untuk mengelola mata uang, perjanjian perdagangan, tentara, dan wilayah kekuasannya. King dan Queen bisa memulai peperangan untuk memperluas kekuasaan.

Peta di Blocklords bersifat dinamis dan berubah seiring dengan pasang surut perang. Pilihan seorang King atau Queen sangat mempengaruhi rakyatnya. Karena keputusan mereka berdampak pada alam semesta di Blocklords pada tingkat tertinggi, maka mereka harus menggunakan kekuatan mereka dengan bijak. Penguasa yang cerdas menggunakan diplomasi ketika menghadapi tantangan dan terlibat dalam peperangan hanya ketika mereka tidak punya pilihan.

Cara Mendapatkan Uang dari Game Blocklords

Game Blocklords dirancang khusus bagi mereka yang menggemari peperangan, strategi, dan perebutan wilayah, serta mengatur kekuasaan. Pemain dapat menghasilkan uang dengan bermain Blocklords dan merasakan ketegangannya secara langsung. Hero dalam game adalah aset ekonomi di Blocklords, dengan penghasilan yang berasal dari aktivitas seperti melawan bandit, memenangkan pertempuran, mendukung sekutu, bertani, dan berdagang.

Untuk mendapatkan penghasilan dari Blocklords, pemain dapat mengumpulkan item unik dan memperdagangkannya untuk mendapatkan keuntungan. Hero yang menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang mengesankan dan memenangkan pertempuran akan mendapatkan item unik yang dapat segera diubah oleh pemain menjadi pendapatan.

Hero nonfungible token (NFT) yang dapat diperdagangkan di Blocklords berpotensi dijual di marketplace mana pun. Gameplay Blocklords memungkinkan pemain untuk mengimpor NFT dalam game dan meluncurkan pertempuran untuk menaklukkan wilayah. Memanfaatkan keterampilan bermain mereka, mereka menaikkan level hero mereka, mengirim NFT ke luar game dan kemudian menjualnya di marketplace NFT.

Token Crowns (CWS) dalam Blacklords

Blacklords memiliki token kripto Crowns (CWS) yang dikembangkan di jaringan Ethereum dengan standar ERC-20. CWS dapat digunakan untuk membeli berbagai item dalam game Blacklords.

Token CWS diperkenalkan oleh Seascape Network, ekosistem gamer, pengembang, dan influencer yang diberi insentif. Setiap pengisian ulang dalam game didistribusikan di antara semua pemegang token sebagai dividen, sebuah fitur yang disebut Paywave. Sepuluh persen dari total pasokan 10.000.000 CWS telah dialokasikan untuk komunitas.

Demikian, pengenalan singkat mengenai game anyar Blocklords dan cara kerjanya. Game ini dapat dinikmati oleh siapapun, tidak hanya para gamer saja. Informasi saja, berbagai perusahaan Venture Capital (VS) mendukung kehadiran Blocklords, di antarany: Makers Fund, Animoca Brands, Shima Capital, Huobi Ventures, Polkastarter, Skynet Trading, ImmutableX, Seascape, Formless Capital, Sino Global Capital, dan lebih banyak lagi.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)