Arti Sertifikasi IP68 yang Ada di Ponsel!
Ilustrasi smartphone (Irvan Meidianto/VOI)

JAKARTA - Kebanyakan ponsel atau smartphone saat ini pasti memiliki sertifikasi IP68. Tapi tahu tidak arti dari IP68 yang melekat pada ponsel itu?

Bahkan kebanyakan pengguna smartphone jarang ada yang mengetahui arti dari sertifikasi IP68. Sehingga tak jarang menggunakan ponsel dengan sembarangan memakai perangkatnya untuk hal-hal ekstrim seperti berenang di laut.

Jadi IP di sini bukan merupakan Internet Protocol. IP yang dimaksud adalah International Protection atau biasa disebut juga Ingress Protection Marking. Standar ini dibuat oleh komisi elektronik internasional atau yang biasa dikenal dengan (IEC).  

Umumnya smartphone kelas menengah hingga ke atas, telah melekatkan sertifikasi IP67 dan IP68. Angka 6 dalam kode itu berarti perangkat tersebut terlindung secara total dan menyeluruh sehingga debu tidak akan masuk ke dalam komponen perangkat. 

Sementara untuk angka 7 dan 8 merupakan suatu indikator, di mana suatu smartphone memiliki ketahanan terhadap air. Sehingga ponsel bisa diajak basah-basahan, misalnya kehujanan atau tak sengaja terjatuh ke dalam air.

IP67 menandakan bahwa sebuah smartphone tahan terhadap air dan mampu dibawa menyelam pada kedalaman 1 meter, selama 30 menit. Sedangkan IP68, digunakan untuk indikator dimana suatu smartphone tahan terhadap air, dan mampu menyelam di kedalaman 1,5-2 meter selama 30 menit. 

Jadi yang membedakan antara IP67 dan IP68 hanya terletak di kode belakangnya saja. Kode inilah yang bisa menjadi batasan kemampuan smartphone untuk tetap aman digunakan. 

Lantas apakah perangkat dengan sertifikasi IP68, itu dapat disebut sebagai perangkat yang sepenuhnya tahan air dan debu? Jawabannya, tergantung situasi dan kondisinya. 

Smartphone dengan sertifikasi IP68, tentu dapat dikatakan aman-aman saja jika pengguna hanya sekadar menyelupkannya ke dalam bak mandi atau kolam renang untuk mengetes ketahanannya. Namun lain cerita, jika smartphone dibawa berenang atau menyelam ke laut. 

Tetapi fakta sering dijumpai adalah, masyarakat mengira smartphone dengan sertifikasi ini mampu bertahan lama di dalam air. Sehingga dengan bebasnya berfoto atau merekam video dalam waktu yang lama, padahal ada batasan smartphone bisa digunakan di dalam air. 

Jadi ketika memiliki smartphone dengan sertifikasi IP68 atau IP67. Sebaiknya baca dulu buku petunjuk dan klaim garansi yang diberikan, salah-salah ponsel yang dimiliki tak bisa mendapatkan service karena diakibatkan kelalaian pengguna. 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, French, and Spanish versions are automatically generated by the system. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)