JAKARTA - Manchester United kembali menelan kekalahan sehingga kian dekat dengan zona degradasi. Dalam duel di Stadion London, Minggu, 27 Oktober 2024 malam WIB, MU harus mengakui keunggulan West Ham United 2-1.

MU tertinggal lebih dulu dan kemudian berhasil menyamakan kedudukan. Namun blunder yang dilakukan bek Matthijs de Ligt menjadikan MU mendapat hukuman penalti yang membantu West Ham berbalik unggul.

Keberhasilan West Ham mempertahankan skor kemenangan 2-1 menjadikan MU harus mengalami kekalahan keempat kalinya dari sembilan pertandingan di kompetisi domestik.

MU pun kian terpuruk. Kini, The Red Devils menempati peringkat 14 dengan poin 11. Perolehan poin itu mengakibatkan MU kian dekat dengan zona degradasi ketimbang papan atas klasemen.

Pasalnya, MU hanya unggul tujuh poin dengan tim promosi Ipswich Town yang menduduki peringkat 18 atau berada di posisi paling atas dari tim yang berada di zona merah. Meski MU hanya terpaut enam poin dari Chelsea yang berada di zona Liga Champions, namun tim asuhan Erik ten Hag sulit mengejar poin tim-tim yang berada di atas mereka.

Sementara, West Ham berhasil memperbaiki peringkat di klasemen sementara. Perolehan poin The Hammers menjadi sama dengan MU. Meski demikian, klub London itu unggul selisih gol sehingga berada di posisi 13.

Kekalahan itu menjadikan Ten Hag kian dekat dengan ancaman pemecatan. Namun belum ada kepastian apakah MU bakal memberhentikan sang manajer yang kinerjanya tak kunjung membaik ini.

Di pertandingan itu, MU tak mampu memberi tekanan terhadap pertahanan West Ham meski unggul dalam penguasaan bola. Di menit 13, kapten Bruno Fernandes nyaris membobol gawang lawan saat menerima umpan dari Casemiro. Hanya sundulan dia masih melebar.

Selanjutnya, West Ham yang mendapat kesempatan unggul melalui Jarrod Bowen di menit 18. Sayangnya, peluang itu terbuang percuma. Sampai akhir babak pertama, skor tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, MU tetap berusaha tampil ofensif. Hanya, serangan mereka tak kunjung membuahkan hasil. Striker Rasmus Hojlund sempat mendapat peluang di menit 57. Namun tendangan dia dari luar kotak penalti bisa digagalkan kiper Lukasz Fabianski.

Meski mendapat tekanan, pasukan Julen Lopetegui justru mendapat kesempatan membobol gawang MU. Peluang bagus diperoleh Crysencio Summerville yang sukses mengonversinya setelah menerima assist dari Danny Ings di menit 74. Skor 1-0 untuk West Ham.

Tertinggal gol, MU berusaha bangkit. Hasilnya memang tidak sia-sia. Casemiro sukses menyamakan skor lewat sundulan dari jarak dekat di menit 81. Dia menuntaskan assist dari Joshua Zirkzee yang mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Namun MU akhirnya harus menelan kekalahan. Pada injury time, bek De Ligt melakukan pelanggaran dengan menjatuhkan Ings di kotak penalti. Wasit David Coote memilih meninjau insiden itu lewat VAR. Hasilnya bek timnas Belanda ini dinyatakan melanggar Ings dan wasit menunjuk titik putih.

Bowen yang mengambil eksekusi penalti. Kiper Andre Onana sesungguhnya bisa membaca arah bola. Namun dia tetap gagal menjangkau bola sehingga skor berubah 2-1 untuk West Ham. Skor itu bertahan hingga laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)