JAKARTA - Gelandang Sandro Tonali kembali bermain setelah absen selama 10 bulan saat Newcastle United menyingkirkan Nottingham Forest dalam duel sesama tim Premier League di babak kedua Carabao Cup. Newcastle menang 4-3 (1-1) dalam drama adu penalti di Stadion The City Ground, Nottingham, Kamis, 29 Agustus 2024 dini hari WIB.

Tonali dikena sanksi dilarang bermain oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) karena pelanggaran aturan saat bermain di Serie A Italia. Dirinya terlibat dalam kegiatan judi bola yang dilarang keras bagi pemain dan hukuman untuk dia dijatuhkan pada Oktober 2024.

Buntutnya, Tonali yang direkrut dari AC Milan dengan harga 55 juta poundsterling tak bisa memperkuat Newcastle di kompetisi Premier League. Gelandang berusia 24 ini juga harus absen membela Italia di Euro 2024.

Setelah 308 hari menyelesaikan hukumannya, Tonali bisa kembali bermain. Manajer Eddie Howe pun langsung menurunkannya sebagai starter saat The Toon Army melakon laga tandang melawan Forest di Carabao Cup atau Piala Liga Inggris.

"Terus terang, saya menjalani masa sulit pada tiga bulan pertama, yaitu Oktober, November dan Desember. Kini, saya merasa memasuki babakan baru dan menjadi poin berikutnya dalam kehidupan saya. Tentu saya senang memiliki dan bisa bermain untuk tim sebesar ini," ucap Tonali seperti dikutip Sport Bible.

"Semua membantu saya melewati masa sulit, terutama psikolog saya dan pemain muda Italia. Saya bicara dengan banyak orang di Italia selama menjalani terapi. Saya ingin membantu orang-orang yang mengalami kesulitan lebih besar dibandingkan dengan saya," kata dia lagi.

Sementara, Howe memuji Tonali sebagai pemain bermental kuat karena harus berusaha keras melewati masa sulit. Saat kembali bermain, dia langsung menunjukkan penampian terbaik.

"Dia sosok yang kuat dan bisa mengatasi situasi tertekan dengan sangat baik. Hal yang tidak mudah saat dia harus menjalani isolasi [tak bisa bermain sepak bola]. Namun dia menunjukkan kekuatan, martabat dan integritas," kata Howe.

"Dia mengalami situasi berada di bawah dan merasakan kesendirian saat rekan-rekannya bermain. Saat kembali bermain, dia sudah tampil beda. Dia tampil dengan mental lebih kuat. Dia sungguh menikmati setiap momen yang pernah hilang selama periode waktu tertentu. Sandro pun sepertinya sudah tak sabar untuk terus bermain," ucap dia lagi

Tonali masuk starting eleven Newcastle di laga Carabao Cup. Duel berlangsung ketat karena kekuatan berimbang dari dua tim Liga Premier yang sama-sama mengantungi poin empat.

Newcastle memiliki selisih gol lebih baik ketimbang Forest sehingga menduduki peringkat enam. Sedangkan Forest yang ditangani Nuno Espírito Santo berada di posisi tujuh.

Di pertandingan kompetisi kasta ketiga Inggris ini, Newcastle langsung unggul lewat gol cepat Joe Willock. Pertandingan baru berjalan satu menit Willock sudah membobol gawang Forest. Tonali pun turut terlibat dalam proses gol itu.

Newcastle sesungguhnya mampu mempertahankan keunggulan itu di sepanjang babak pertama. Namun situasi berbeda di babak kedua setelah tim tuan rumah mampu mengejar ketinggalan gol. Di menit 50, gelandang Forest Jota Silva sukses membobol gawang The Magpies. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga laga usai.

Pertandingan pun dilanjutkan dengan adu penalti. Dari lima eksekutor Newcastle, hanya Joelinton yang gagal menuntaskannya.

Sebaliknya, dua pemain Forest, Ibrahima Sangare dan Taiwo Awoniyi, gagal menyelesaikan eksekusi penalti. Newcastle keluar sebagai pemenang dengan skor adu penalti 4-3.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)