Piala Dunia 2022: Messi Beraksi, Meksiko KO
Lionel Messi (Instagram @fifaworldcup)

JAKARTA - Argentina menjalani laga lanjutan Grup C dengan menghadapi Meksiko di Stadion Lusail, Minggu dini hari WIB. Lionel Messi dan Enzo Fernandez membawa Albiceleste menang 2-0.

Argentina membutuhkan poin penuh pada laga ini untuk menjaga asa mereka lolos ke babak selanjutnya setelah di pertandingan perdana Grup C Piala Dunia 2022 dikalahkan Arab Saudi.

Pada pertandingan tersebut, Argentina sempat unggul pada permulaan babak pertama berkat gol penalti Messi, namun Arab Saudi bangkit di babak kedua dan membalas melalui Saleh Alshehri dan Salem Aldawasari sehingga laga berkesudahan dengan skor 1-2.

Akibat kekalahan ini, Argentina terdampar di posisi terakhir Grup C Piala Dunia 2022 dengan nol poin, berselisih satu poin dari Meksiko di peringkat ketiga.

Dalam laga kontra Meksiko, pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni kembali menurunkan Messi sebagai andalan. Namun, ada beberapa perubahan di lini belakang dan tengah. Gonzalo Montiel, Lisandro Martinez dan Marcos Acuna serta Guido Rodriguez dan Alexis Mac Allister jadi starter.

Sementara itu, pelatih Meksiko Gerardo Martino membuat tiga perubahan dari tim yang menorehkan hasil seri 0-0 melawan Polandia dengan memasukkan kapten Andres Guardado di tengah dan duo bek Nestor Araujo dan Kevin Alvarez dalam formasi 5-3-2.

Argentina menguasai permainan sejak menit pertama. Namun, mereka belum mampu menembus pertahanan Meksiko yang dikawal Araujo dan Alvarez. Permainan keras menjurus kasar yang dipraktikkan para pemain El Tri juga menyulitkan Messi dan Di Maria untuk membuka ruang.

Kiper Guillermo Ochoa baru benar-benar 'menyentuh' bola pada menit 34 ketika menghalau tendangan bebas Messi. Kiper Nyentrik itu kemudian terjatuh usai dijahili Lisandro Martinez.

Menit 40, Albiceleste kembali mencoba serangan. Kali ini lewat umpan Di Maria yang gagal dimanfaatkan Lautaro Martinez. Sundulan pemain Inter Milan itu melenceng jauh ke kiri gawang lawan.

Sebaliknya, Meksiko memberi ancaman melalui tendangan bebas Alexis Vega dari luar kotak penalti pada menit 44. Fantastis, Emiliano 'Dibu' Martines terbang untuk menyelamatkan gawang Tim Tango.

Babak pertama ditutup dengan skor kacamata. 

Usai jeda, Argentina masih menggenggam penguasaan bola. Scaloni juga mengganti Guido Rodriguez dengan Enzo Fernandez. Tapi, serangan mereka kerap kali mentok.

Menit 66, Messi beraksi. Menerima umpan Di Maria dari sisi kiri pertahanan Meksiko, La Pulga langsung menendang bola dari luar kotak penalti. Gol! Bola menembus jala gawang Ochoa dan Albiceleste memimpin satu bola.

El Tri coba membalas. Tapi, Albiceleste justru menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit 87. Enzo Fernandez mencetak gol cantik usai menerima umpan Messi. Mengecoh bek lawan melalui stepover, tendangan melengkung gelandang Benfica tak mampu dihadang Ochoa. 

Game over! Meksiko KO!

Hasil ini membuka asa Argentina untuk lolos ke babak 16 besar. Dengan 3 poin, Albiceleste menepati posisi dua klasemen Grup C, di bawah Polandia (4) dan di atas Arab Saudi (3).

Susunan pemain

Argentina (4-4-2): Emiliano Martinez; Gonzalo Montiel (Nahuel Molina), Lisandro Martinez, Nicolas Otamendi, Marcos Acuna; Rodrigo De Paul, Guido Rodriguez (Enzo fernandez), Alexis Mac Allister (Exequiel Palacios), Angel Di Maria (Christian Romero); Lionel Messi (kapten), Lautaro Martinez (Julian Alvarez).

Pelatih: Lionel Scaloni

Meksiko (5-3-2): Guillermo Ochoa; Jesus Gallardo, Hector Moreno, Cesar Montes, Nestor Araujo, Kevin Alvarez (Raul Jimenez); Luis Chavez, Andres Guardado (Erick Gutierrez) (kapten), Hector Herrera; Alexis Vega (Uriel Antuna), Hirving Lozano (Roberto Alvarado).

Pelatih: Gerardo Martino


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)