Perlengkapan Panjat Tebing yang Wajib Dimiliki Pemula atau Nyawa Taruhannya!
Perlengkapan Panjat Tebing (Unsplash)

YOGYAKARTA - Panjat tebing adalah salah satu olahraga yang paling menggembirakan dan penuh petualangan. Tetapi untuk memaksimalkannya, Anda memerlukan peralatan yang tepat dan mengetahui cara menggunakannya. Yuk cari tahu apa saja perlengkapan panjat tebing.

Kami siap membantu Anda jika Anda merasa ingin panjat tebing tetapi tidak tahu cara melakukannya dengan aman. Berikut daftar lengkap peralatan panjat tebing yang Anda butuhkan.

Perlengkapan Panjat Tebing

Panjat Tebing (Unsplash)
Panjat Tebing (Unsplash)

 

Tali panjat

Tali panjat adalah satu-satunya peralatan panjat tebing yang paling penting. Hanya ada beberapa contoh di mana seorang pendaki tidak membutuhkannya:

saat mereka sedang berbatu-batu—biasanya mendaki tidak lebih dari 15 kaki, dengan alas pengaman di bawahnya untuk keselamatan ketika mereka bermain solo gratis, yang hanya dikejar oleh sebagian kecil pendaki di seluruh dunia Tali adalah bagian penting dari olahraga untuk setiap jenis pendakian lainnya. 

Dengan penggunaan yang tepat dari harness, carabiner, perangkat belay, quickdraw, dan Cams Anda, tali panjat akan menyelamatkan hidup Anda jika Anda terpeleset atau jatuh dari permukaan batu.

Namun, tidak cukup memiliki tali panjat. Anda juga harus tahu bagaimana mereka berfungsi dan bekerja dengan peralatan terkait. Sebagian besar gym bouldering dalam ruangan atau pusat panjat memiliki sistem penambatan khusus untuk panjat tali dan menawarkan tutorial sehingga Anda dapat mengatasinya.

Setelah Anda menjadi lebih berpengalaman dan ingin membeli tali sendiri, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Sebagai contoh:

  • jenis tali
  • diameter
  • panjangnya
  • fitur tali
  • peringkat keamanan

Akan lebih baik jika Anda memutuskan di atas relatif terhadap rute yang ingin Anda daki. Anda juga harus ingat bahwa terlalu banyak tali dapat menjadi masalah, karena dapat menyebabkan hambatan di dinding.

Anda akan terkejut betapa beratnya seutas tali ketika Anda kelelahan.

Harness

Jika Anda telah membeli tali panjat yang sesuai, Anda memerlukan tali pengaman yang sesuai untuk dipasang. Ada dua pertimbangan utama di sini:

berapa banyak yang ingin Anda belanjakan?

jenis pendakian apa yang ingin Anda lakukan?

Baik Anda menyukai trad, olahraga, musim dingin, atau panjat dalam ruangan, keserbagunaan dan kenyamanan harus menjadi fokus utama Anda jika Anda ingin harness menangkap semua untuk melayani Anda dalam berbagai disiplin panjat tebing.

Saat membeli peralatan panjat tebing Anda, ini juga merupakan pendekatan yang kami sarankan—Anda ingin memiliki peralatan yang Anda gunakan secara teratur. Anda selalu dapat menyewa sesuatu yang lebih spesifik jika Anda membutuhkannya.

Idealnya, harness Anda harus bekerja dengan nyaman dengan pakaian Anda untuk memastikan berbagai gerakan. Padding, anyaman ekstra lebar, ventilasi, dan transportasi kelembaban adalah beberapa fitur utama yang harus dicari.

Adapun anatomi harness, ini berisi dua titik pengikat depan di mana pemanjat dapat memasang tali dan mengikatnya — satu di pinggang (loop penambatan) dan satu di loop kaki. Sabuk pinggang mengikat (ya, Anda dapat menebaknya) di sekitar pinggang Anda.

Mengingat bahwa harness dirancang untuk membuat Anda tetap aman, Anda perlu memeriksa harness untuk mencari cacat atau kerusakan bahkan saat membeli yang baru. Video di bawah ini dapat membantu Anda mengidentifikasi mereka:

Belum lama ini, lebih dari 100 harness berbahaya disita dari penjual eBay—menunjukkan betapa pentingnya melakukan riset sebelum membelinya.

Perangkat penambatan

Jika mereka belum memilikinya, perangkat penambatan adalah salah satu perangkat keras panjat tebing pertama yang akan dibeli oleh pemanjat trad atau olahraga saat merencanakan pendakian.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang perangkat penambatan sebelumnya, itu adalah rem gesekan mekanis yang digunakan untuk melindungi pendaki dari jatuh atau menurunkan mereka dari pendakian. Belay memberikan beberapa titik gesekan, artinya belayer tidak harus menahan beban penuh pemanjat saat mereka turun.

Tidak perlu waktu lama untuk memahami fungsi dasar penambatan. Namun, kami sangat menyarankan untuk berlatih di lingkungan yang terkendali terlebih dahulu, terutama dengan bantuan instruktur panjat tebing.

Perangkat ini tidak terlalu rumit untuk dipahami. Sebaliknya, konsekuensi dari kurangnya perhatian adalah serius, jadi Anda pasti ingin mengetahuinya luar dan dalam.

Video di bawah ini menunjukkan kepada Anda semua yang perlu Anda ketahui (tetapi, tentu saja, berlatihlah terlebih dahulu):

Dalam beberapa kasus, seperti di gym panjat, perangkat penambatan yang Anda kencangkan dengan tali mungkin bersifat mekanis. Tetapi dalam banyak kasus, itu akan menjadi orang lain.

Ada tiga jenis perangkat penambatan yang dapat dipilih, tergantung pada pendakian yang ingin Anda lakukan:

  • berbentuk tabung
  • pemecahan dibantu
  • Angka 8
  • Jika Anda ingin tahu lebih banyak, inilah panduan untuk ketiganya.

Carabiner

Carabiner pada dasarnya adalah nama untuk 'climbing clip'. Dalam istilah sederhana, ini adalah perangkat tempat Anda dapat melampirkan barang-barang tanpa takut mereka terlepas.

Jadi, dalam pendakian, mereka digunakan untuk segala macam tujuan, seperti menghubungkan tali panjat dengan bagian lain dari pelindung panjat seperti mur, perangkat camming, dan baut.

Mereka biasanya terbuat dari baja yang diuji secara ketat untuk kekuatan dan memiliki gerbang untuk memungkinkan tali atau peralatan Anda melewatinya. Gerbang ini kemudian menutup untuk mencegah peralatan terlepas dari carabiner.

Penarikan Cepat

Kami memang mengatakan bahwa carabiner digunakan untuk segala macam hal dalam panjat tebing salah satunya adalah quickdraw. Itu terbuat dari dua karabiner yang dihubungkan oleh selempang tekstil.

Idenya adalah untuk memasang salah satu ujung carabiner quickdraw ke gantungan baut pada rute dan tali Anda ke yang lain. Ini memberi Anda sedikit kelonggaran pada tali dengan membiarkan tali bergerak sambil tetap menempel pada gantungan baut.

Climbing cams

Climbing Cams atau spring-loaded camming devices (SLCDs) masuk ke dalam celah dan celah di bebatuan tempat mereka akan mencengkeram untuk memberikan perlindungan.

Cams sangat berguna dalam pendakian trad di mana mur atau baut tidak berfungsi. Dengan mengingat hal itu, kamera menawarkan sedikit lebih banyak fleksibilitas dalam rute yang dapat Anda ambil di permukaan batu, dan itu biasa di setiap gudang alat pemanjat tebing luar ruangan.

Helm pendakian

Sayangnya, permukaan batu dan gunung kadang-kadang memiliki kebiasaan patah secara spontan, mengirimkan batu, batu, dan kadang-kadang batu-batu besar berjatuhan ke bawah.

Ini adalah bahaya bagi pemanjat mana pun, itulah sebabnya helm adalah bagian penting lain dari peralatan panjat tebing.

Adapun beberapa alat lainnya seperti; 

  • Sepatu pemanjat
  • Tas kapur
  • Kapur
  • Climbing tape
  • Crash mat

Setelah mengetahui perlengkapan panjat tebing yang wajib dimiliki, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)