Cerita Gilby Clarke tentang Bangkitnya Grunge dan Bagaimana Mereka 'Membunuh' Guns N' Roses
Gilby Clarke (Instagram @gilbygtr)

JAKARTA - Mantan gitaris Guns N' Roses, Gilby Clarke baru-baru ini berbicara kepada 80's Metal Recycle Bin tentang bagaimana kebangkitan grunge di awal 1990-an memaksa sebagian besar band hard rock terpental dari radio dan MTV. Penjualan album dan tur mereka juga anjlok.

"Ada banyak pembicaraan tentang perubahan iklim - banyak sekali," kata Gilby. "Karena, jelas, Axl (Rose, vokalis GN'R] selalu di atas itu. Dia mencintai Nirvana; dia mencintai Soundgarden; dia mencintai Pearl Jam," kata Gilby. 

"Dia lebih menyukai band-band itu daripada saya, Slash (gitaris GN'R) dan Duff (McKagan, bassis GN'R), kami sedikit lebih lambat untuk menerima perubahan."

Gilby melanjutkan, dirinya dan Slash serta Duff baru benar-benar menyadari terjadinya perubahan besar saat selesai tur GN'R. Gilby membuat album solo dan Slash membuat album bersama proyek Slash's Snakepit. 

"Kami bermain di stadion satu tahun, dan tahun berikutnya kami bermain di klub. Kadang-kadang teater dan semacamnya - tapi dua atau tiga tahun sebelumnya, dan band solo Slash akan bermain di sebuah arena. Jadi kami bisa memastikan bahwa iklim telah berubah pada saat itu," kisah Gilby.

"Saya ingat satu hal yang melekat pada Slash dan saya ketika kami keluar dari Rainbow (di West Hollywood, California) suatu kali. Dan ini mungkin sekitar tahun '92 (atau) '93. Dan seseorang melihat Slash dan bilang, 'Ya Tuhan. Lihat, itu Slash'. Tapi mereka tertawa, seolah dia tokoh kartun, bukan Slash dari Guns N' Roses, yang, tiga atau empat tahun sebelumnya, adalah bajingan paling keren di planet ini.

"Jadi itu adalah beberapa hal yang kami bisa katakan bahwa banyak hal berubah sedikit," tambah Gilby. "Beberapa band mulai menjadi kartun kecil ketimbang memiliki kredibilitas dalam bermusik."

Gilby menggantikan gitaris pendiri Izzy Stradlin di line-up GN'R pada tahun 1991, selama tur Use Your Illusion. Ia bertahan dengan band ini selama tiga tahun. 

Setelah keluar dari GN'R, Gilby melanjutkan kariernya sebagai produser dan artis solo. Ia juga bermain di Slash's Snakepit, Rock Star Supernova, Heart dan artis lainnya.

Gilby, bersama dengan Slash, McKagan, dan mantan drumer GN'R Steven Adler dan Matt Sorum, membawakan tiga lagu dari album Appetite For Destruction bersama Myles Kennedy di upacara pelantikan Rock And Roll Hall Of Fame GN'R pada April 2012 di Cleveland, Ohio. 

Kennedy, yang berperan sebagai vokalis utama di band solo Slash dan Alter Bridge, menyanyikan Mr. Brownstone, Sweet Child O 'Mine dan Paradise City. Sementara itu, anggota era album Use Your Illusion - Sorum duduk di belakang drum kit dalam lagu Mr Brownstone dan orang yang dia gantikan di GN'R, Adler, menggebuk drum dalam dua lagu lainnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)