Jakarta Diguyur Hujan, Waspada Banjir Rob dari Pintu Air Pasar Ikan
Seorang anak tengah berenang saat banjir Jakarta (Irvan Meidianto/VOI)

JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur Jakarta sore ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memprediksi hujan akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan keterangan dari Twitter BPBD DKI, pada pukul 15.00 WIB, Pintu Air Pasar Ikan sudah memasuki Siaga 2 atau berstatus waspada dengan tinggi muka air 206 sentimeter.

"Antisipasi wilayah yang kemungkinan akan terdampak ROB adalah Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru," demikian cuitan dari akun @BPBDJakarta, Kamis, 13 Agustus.

Pada daerah tersebut, camat dan lurah setempat sudah melakukan pemberitahuan kewaspadaan banjir rob kepada masyarakat lewat aplikasi perpesanan WhatsApp dan media sosial.

"Siagakan PPSU/PKLG DSDA Kecamatan, hubungi 112 apabila membutuhkan," tulisnya.

Kemudian, ada sejumlah pintu air yang masih dalam keadaan normal atau siaga 4. Di antaranya adalah Pintu Air Manggarai dengan ketinggian muka air 575 cm, Pintu Air Karet dengan ketinggian 260 cm, Krukut Hulu dengan ketinggian 10 cm.

Selanjutnya, Pintu Air Pesanggrahan dengan ketinggian muka air 50 cm, Angke Hulu dengan ketinggian 40 cm, Waduk Pluit dengan ketinggian -185 cm, Cipinang Hulu dengan ketinggian 80 cm, Sunter Hulu dengan ketinggian 50 cm, dan Pulo Gadung dengan ketinggian 380 cm.

Adapun pengamatan kondisi bendungan di hulu juga masih dalam keadaan normal atau siaga 4. Tinggi muka air di Bendungan Katulampa sebesar 10 cm dan Depok 60 cm.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)