Gol Kontroversial John Stones Bawa Man City ke Puncak Klasemen

JAKARTA - Manchester City menang secara kontroversial 2-1 atas Wolverhampton Wanderers di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Molineaux, Minggu 20 Oktober 2024 malam WIB. Gol bek John Stones di injury time yang memunculkan perdebatan membawa Man City ke puncak klasemen.

Man City diselamatkan gol Stones yang dinilai kontroversial. Pasalnya saat bek timnas Inggris ini menyundul bola yang menembus gawang Wolves, pemain sayap Man City Bernardo Silva sesungguhnya berada dalam posisi offside. Dia menjadi pemain terakhir yang berdiri dekat kiper Jose Sa.

Insiden itu pun ditinjau wasit Chris Kavanagh lewat VAR. Hasilnya cukup mengejutkan karena Atwell menyatakan Silva tidak dalam posisi offside. Dia dinilai tak melakukan pergerakan yang mengganggu wasit sehingga gol itu tetap sah.

Keputusan wasit pun mengubah hasil akhir pertandingan. Man City meraih kemenangan sekaligus belum terkalahkan di kompetisi domestik musim ini. Tak hanya itu, The Cityzens mencatat rekor tak pernah kalah selama 31 laga. Ini menjadi rekor terlama tak pernah kalah dalam sejarah klub.

Tak hanya itu, Man City sukses mengudeta takhta klasemn yang sebelumnya dikuasai Liverpool. Kini, Man City yang mengantungi poin 20 berhasil unggul dua poin dari Liverpool yang turun ke posisi dua. Namun, The Reds bisa merebut kembali posisi tersebut bila mengalahkan Chelsea di Anfield.

Sementara, kekalahan pahit dari Man City menjadikan Wolves kian terbenam di dasar klasemen. Kontras dengan Man City, mereka menjadi salah satu tim yang belum pernah menang dan hanya memiliki satu poin. Bila tak keluar dari zona degradasi, Wolves bakal kembali ke Divisi Championship musim depan.

Dalam duel tersebut, Man City sesungguhnya sudah mendominasi sejak menit pertama. Mereka langsung menekan pertahanan Wolves lewat serangan yang mengandalkan mesin gol Erling Haaland.

Hanya, Wolves mampu membuat Man City terkejut karena berhasil mencuri gol saat laga baru berjalan tujuh menit. Gol dihasilkan striker Jorgen Strand Larsen yang menyambut umpan silang manis dari Nelson Semedo.

Tertinggal 1-0 tak membuat pemain Man City kehilangan kepercayaan diri. Pasukan Pep Guardiola tetap bermain ofensif untuk mengejar ketinggalan.

Usaha juara bertahan memang tidak sia-sia. Di menit 33, bek Josko Gvardiol sukses menjebol gawang Jose Sa. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, pertandingan berjalan imbang. Man City mengalami kesulitan memberikan tekanan meski tetap unggul dalam penguasaan bola.

Saat pertandingan diperkirakan berakhir imbang, Stones berhasil memecah batu kebuntuan. Pada menit 90+5, sundulan dia membobol gawang tuan rumah.

Hanya wasit semula tidak mengesahkan gol itu karena Silva dinilai menghalani pandangan mata kiper Sa. Namun dari tinjauan VAR, Silva dinilai tak melakukan pergerakan sehingga wasit mengubah keputusannya. Alhasil, suporter tuan rumah mencemooh wasit.

Manajer Wolves Gary O'Neil tampak gusar dengan keputusan wasit. Apalagi, keputusan itu mengubah hasil akhir pertandingan. Man City pun menutup laga dengan skor 2-1.