Puan Sebut PDIP Pertimbangkan Anies Maju di Pilkada Jakarta 2024

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Puan Maharani merespons klaim Ketua DPP Said Abdullah bahwa PKB condong mengusung eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Puan mengakui, semua nama cagub yang muncul dipertimbangkan PDIP termasuk Anies Baswedan.

"Nama-nama yang udah ada ya kita lihat nanti," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 Juni.

Saat ditanya apakah Anies masuk radar PDIP, Puan menegaskan partainya akan mempertimbangkan. "Semua nama dipertimbangkan," katanya.

Ketua DPR itu juga membuka peluang mengusung kader internal PDIP. Menurut Puan, PDIP punya banyak kader menonjol namun namanya belum dimunculkan.

"Mungkin juga. Banyak nama yang menonjol, tapi belum bisa dikeluarin," ungkap Puan.

Puan mengatakan, PDIP akan memberikan surat rekomendasi terhadap Paslon paling lambat sebelum pendaftaran ke KPU. Lagipula, kata dia, pendaftaran baru akan dibuka pada Agustus mendatang.

"Kan belum pendaftaran kan masih Agustus. Jadi masih ada waktu kita tunggu aja yang pasti komunikasi tetap kita lakuin ke semua partai. (Juli, red) Bisa, secepat-cepatnya," pungkas Puan.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian, Said Abdullah mengatakan dirinya sempat menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk membahas Pilgub Jakarta 2024.

Said mengklaim Muhaimin menyatakan PKB condong mengusung eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi calon gubernur di Pilkada Jakarta.

Said mengatakan pertemuan itu terjadi di rumah Muhaimin pada 30 Mei 2024 atau sebelum sang Ketua Umum PKB berangkat pergi haji ke Mekah.

“Kami berbicara hati ke hati, ya namanya komunikasi pasti terbangun di antara elite-elite, saling berbicara, pandangannya seperti apa,” kata Said, Senin, 24 Juni.