Mengenal Bahan Frame Sepeda beserta Kekurangan dan Kelebihannya, Pahami Sebelum Membeli

YOGYAKARTA - Sepeda menjadi salah satu peralatan yang multifungsi karena bisa sebagai transportasi jarak dekat sekaligus untuk olahraga. Apabila Anda ingin membeli sepeda, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah frame atau kerangkanya. Terdapat beberapa jenis bahan frame sepeda dengan karakteristiknya masing-masing. 

Frame dalam sepeda merupakan komponen utama yang membentuk desain. Selain itu, frame juga berfungsi untuk menghubungkan setiap bagian yang ada di sebuah sepeda, seperti fork, roda, rem, stemm setapost, FD, RD, dan lainnya. Oleh karena itu pemilihan frame sepeda menjadi pertimbangan penting. 

Setiap merk atau tipe sepeda dibuat dengan kerangka berbeda-beda tergantung kebutuhan dari pengendara. Ada beberapa bahan frame sepeda yang perlu Anda tahu.

Bahan Frame Sepeda

Frame sepeda dibuat dari bahan-bahan yang berbeda pada masing-masing sepeda. Setiap bahan frame memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Supaya tidak salah beli, berikut ini jenis-jenis bahan frame sepeda yang wajib Anda tahu.

Titanium

Salah satu bahan frame sepeda adalah titanium. Biasanya frame dengan bahan ini populer di kalangan penggemar sepeda kustom. Dari segi harga dan kualitas, titanium berada di antara carbon fiber dan alumunium. 

Titanium memiliki sejumlah kelebihan yang mirip dengan bahan baja, khususnya dari segi kekuatan. Bahan titanium punya daya tahan yang lebih besar terhadap korosi, fatique, dan kokoh untuk menopang bobot yang lebih berat dibanding alumunium. 

Kelebihan lain dari bahan titanium adalah tidak memerlukan cat. Bahan ini bersifat tahan karat dan menampakan warna yang terlihat mewah secara alamiah. Dari segi pemakaian, frame titanium banyak digunakan untuk sepeda jalan raya, touring, dan sepeda gunung. 

Sementara itu, kekurangan bahan titanium mirip dengan serat karbon yakni harganya cukup tinggi. Sebab bahan yang digunakan adalah logam yang tidak mudah ditemukan atau terbilang langka. 

Baja

Bahan lain yang biasa digunakan untuk frame sepeda adalah steel atau baja. Namun saat ini penggunaan frame berbahan baja sudah lama ditinggalkan oleh produsen sepeda. Sebab bahan ini bersifat berat dan memakan banyak biaya produksi. 

Baja memiliki sejumlah kelebihan terutama dalam hal kekuatan dan fleksibilitas dalam menyerap getaran di jalan. Namun bahan ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu mudah berkarat dan tidak tahan lama. Biasanya pengaratan akan terjadi pada bagian sambungan rangka. Untuk membuat frame baja bisa tahan lama, maka memerlukan perawatan yang ekstra terkait coating dan cat. 

Aluminium

Bahan frame sepeda yang sudah populer dikenali adalah aluminium. Sepeda dengan frame aluminium menjadi yang paling banyak diproduksi karena bersifat cukup kuat dan harganya cenderung murah. 

Bahan alumunium memiliki beberapa kelebihan, di antaranya bobot ringan, tahan dari korosi, hingga cukup kuat menopang bobot berat. Selain itu, kekakuan bahan logam yang tinggi pada frame aluminium juga memberikan ketaman dan responsif dalam pengontrolan saat pemakaian. 

Namun bahan aluminium juga memiliki kekurangan, yakni lebih keras saat dipakai berkendara. Sepeda dengan frame aluminium kurang cocok dipakai untuk touring jarak jauh dan dinaiki di jalanan tanah. Selain itu, bahan ini juga memiliki batas masa pakai. Kondisinya akan menurun hingga mengalami fatique apabila sudah sampai batas masa pemakaian. 

Carbon Fiber

Bahan lain yang juga kerap dipakai untuk frame sepeda adalah carbon fiber. Bahan yang jga disebut serat karbon ini biasanya digunakan oleh pesepeda kelas atas dan pembalap sepeda profesional. 

Sebagai bahan frame yang termasuk berkualitas terbaik, carbon fiber memiliki harga yang mahal karena proses pembuatannya yang rumit dan membutuhkan biaya tinggi. Bahan ini juga memiliki kelebihan yakni bobotnya yang ringan dibandingkan bahan lainnya. Selain itu, daya tahan dan kekuatannya juga lebih unggul. 

Demikianlah beberapa bahan frame sepeda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Apabila Anda menginginkan bahan yang cukup baik untuk pesepeda pemula, maka alumunium dan titanium bisa jadi pilihan yang tepat. Namun jika Anda orang yang sudah lama hobi bersepeda atau profesional, sebaiknya membeli sepeda berbahan carbon fiber. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.