Perusahaan Rintisan Pahamify Gandeng Kemenkominfo Berikan Pelatihan Digital Bagi Guru
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan rintisan (startup) PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) melakukan kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam memberikan pelatihan bagi guru untuk mengembangkan konten pembelajaran secara digital.

Chief Operating Officer (COO) Pahamify Moh. Ikhsan mengatakan pelaksanaan pelatihan guru inspiratif bersama Kemenkominfo dapat memberikan nilai tambah secara langsung bagi pendidikan di Indonesia.

“Sebagai sebuah perusahaan digital yang concern terhadap pendidikan di Tanah Air kami berkepentingan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa, 31 Agustus.

Menurut Ikhsan, berharap rangkaian kegiatan ini dapat memperluas wawasan dan pengalaman guru sehingga semakin mumpuni dalam mengajar secara efektif dan efisien di tengah pandemi khususnya melalui pemanfaatan media digital.

“Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) mengharuskan guru dapat menghadirkan konten pendidikan yang informatif, edukatif serta mampu menggugah minat siswa untuk belajar. Untuk itu, pelatihan ini diharapkan dapat membuka wawasan bagi tenaga pengajar untuk bisa memanfaatkan saluran digital secara efektif,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo I Nyoman Adhiarna menyebut jika pengembangan pendidikan tidak bisa bertumpu pada satu unsur saja, yakni sekolah maupun pemerintah saja. Oleh karenanya, dia menyambut baik inisiatif yang diambil oleh pihak swasta dalam mendukung perkembangan pendidikan nasional.

“Seluruh stakeholder harus mampu bekerja sama dalam membangun pendidikan yang berkualitas di negeri ini. Terlebih, transformasi digital di sektor pendidikan dan kesehatan merupakan kunci pertumbuhan kegiatan ekonomi di masa mendatang,” ucapnya.

Lebih lanjut, birokrat itu mengungkapkan bahwa sektor pendidikan merupakan salah satu yang paling mudah untuk terdigitalisasi.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini adalah bagaimana mendorong digitalisasi tersebut dapat merata di seluruh wilayah. Melalui pelatihan guru ini menjadi salah satu upaya kami untuk mewujudkan hal tersebut,” tegasnya.