Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Thomas Djiwandono ungkapkan komitmen Indonesia dalam memperkuat fondasi pertumbuhan jangka panjang dan memanfaatkan peluang ekonomi di tengah dinamika geopolitik global.

Hal tersebut disampaikan Thomas dalam diskusi Eurasia Group Roundtable yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan global di Washington D.C.

Selain itu diskusi tersebut juga menyoroti langkah-langkah strategis pemerintah untuk menjaga kesinambungan dan mengakselerasi mesin pertumbuhan baru.

Thomas menekankan pentingnya keamanan energi, digitalisasi, dan hilirisasi sebagai fondasi utama bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Ketiga tema ini menjadi landasan untuk pertumbuhan jangka panjang yang nyata, dan saat itulah kita perlu melihat mesin-mesin pertumbuhan," ujarnya dalam keterangannya, Senin, 28 Oktober.

Thomas menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan saat ini mendalami berbagai sektor yang berpotensi sebagai sumber pertumbuhan baru, yang tidak hanya terbatas pada infrastruktur dan hilirisasi, tetapi juga pada sektor pariwisata dan digitalisasi.

Lebih lanjut, Thomas juga menyoroti bahwa adanya kesinambungan kebijakan dari pemerintahan sebelumnya, sambil menjelaskan bahwa pemerintahan Presiden Prabowo akan memperluas fokus ekonomi ke sektor-sektor lain.

"Presiden Prabowo akan memperluas itu (pertumbuhan ekonomi baru), fokusnya sekarang adalah melihat sektor-sektor lain," jelasnya.

Mengenai target fiskal, Thomas menegaskan komitmen pemerintah untuk menjaga defisit anggaran di bawah batas 3 persen, sesuai dengan undang-undang yang berlaku, di mana anggaran tahun depan ditargetkan dengan defisit sebesar 2,53 persen, dan sudah ditetapkan dalam Undang-undang.

Selain itu, Thomas menyampaikan, pemerintah saat ini terus berupaya menciptakan lapangan kerja bagi populasi muda di Indonesia dan menjaga stabilitas ekonomi melalui pengembangan mesin pertumbuhan baru.

“Kita harus menemukan cara dan sarana untuk mencapainya (dukungan terhadap kelas menengah). Saya yakin semua ini terkait dengan menemukan mesin-mesin pertumbuhan baru,” tuturnya.

Menurut Thomas, ini menjadi bukti komitmen pemerintah Indonesia untuk menjaga stabilitas ekonomi dan memperkuat daya saing, terutama di tengah tantangan global.

Thomas menambahkan, dengan pendekatan yang lebih inklusif terhadap sektor-sektor ekonomi dan strategi keberlanjutan fiskal yang kuat, pemerintah Indonesia optimis akan mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang solid dan berkelanjutan dalam jangka panjang.