Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Keuangan mencatatkan hingga April 2024 realisasi anggaran untuk pensiunan mencapai Rp68 triliun atau naik 17 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, meningkatnya realisasi anggaran untuk pensiunan ini karena adanya kenaikan gaji pensiunan sebesar 12 persen yang sudah berlangsung sejak awal tahun 2024.

“Kemudian untuk THR pensiunan juga dibayarkan penuh, ini yang menyebabkan realisasi belanja pensiun mengalami peningkatan,” tutur Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Senin, 27 Mei

Adapun realisasi manfaat pensiunan ini yang disalurkan melalui PT Taspen (Persero) sebesar Rp49,7 triliun atau tumbuh 16,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, disalurkan melalui PT Asabri (Persero) sebesar Rp7 triliun atau tumbuh 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Terakhir disalurkan untuk THR pensiunan sebesar Rp11,3 triliun atau tumbuh 21,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Adapun, kenaikan uang pensiun tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2023 tentang Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan Janda/Dudanya.