Pertamina Pastikan Sarfas dan Operasional Aman Pasca-Letusan Gunung Ruang
Pertamina (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memastikan sarana dan fasilitas (sarfas) pelayanan kepada konsumen seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Agen Minyak Tanah dalam kondisi yang aman. Sebelumnya Gunung Ruang yang terletak di seberang pulau Tagulandang, Kab. Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara mengalami erupsi pada Selasa 16 April.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menyampaikan pihak Pertamina terus memantau kondisi diseluruh wilayah operasional Pertamina di Sulawesi Utara, khususnya di wilayah Kepulauan Sitaro yang paling dekat dengan pusat letusan.

“Saat ini tidak terdapat dampak secara langsung ke Lembaga Penyalur seperti di SPBU dan Agen Minyak Tanah dari sisi operasional ataupun keamanan dan masih beroperasi normal, namun kami tetap waspada apabila terjadi hujan abu di sekitar lokasi,” ujar Fahrougi yang dikutip Kamis 18 April.

Fahrougi menambahkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Kami intens berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk memantau situasi terkini, sehingga nantinya dapat melakukan antisipasi bencana apabila diperlukan dalam kondisi darurat,” pungkasnya.

Pertamina memiliki lembaga penyalur sebanyak 1 SPBU dan 1 Agen Minyak Tanah di Pulau Tagulandang yang mensuplai BBM dan Minyak Tanah untuk kebutuhan masyarakat di Pulau Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro.