Anak Konglomerat Prajogo Pangestu Gelontorkan Duit Rp247 Miliar untuk Tambah Kepemilikan Saham di Chandra Asri
Konglomerat Prajogo Pangestu. (Foto: Instagram @forbesindonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Anak konglomerat Prajogo Pangestu yang bernama Baritono melakukan pembelian saham di PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Adapun total nilai yang digelontorkan Baritono adalah Rp247,94 miliar.

Dikutip dari laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Baritono membeli saham emiten berkode TPIA itu sebanyak 24.500 saham. Transaksi itu dilakukan pada 23 Februari 2021 dengan harga pembelian Rp10.120 per saham.

"Tujuan dari transaksi adalah investasi, dan status kepemilikan langsung," ujar Baritono.

Jumlah kepemilikan saham Baritono setelah transaksi di perusahaan yang didirikan taipan Prajogo Pangestu tersebut masih sebesar nol koma sekian persen.

Saat ini, Baritono merupakan Wakil Direktur Utama Chandra Asri Petrochemical. Di lantai bursa, pada penutupan perdagangan hari ini Kamis 4 Maret, saham TPIA berada di level Rp9.725 per saham, atau melemah 0,51 persen.

Sebagai informasi, Prajogo Pangestu memiliki tiga orang anak. Baritono sendiri adalah anak bungsu dari orang terkaya nomor 3 di Indonesia ini.

Adapun anak sulung Prajogo, Agus Salim Pangestu menjabat Presiden Direktur PT Barito Pacific Tbk. Sementara anak kedua, Nancy Pangestu diketahui tinggal di Singapura.

Chandra Asri adalah adalah pemasok produk petrokimia ke berbagai industri manufaktur Indonesia. Perusahaan memproduksi produk dan resin termasuk Monomer, Polyethylene, dan Polypropylene. Chandra Asri termasuk dalam kelompok perusahaan yang dimiliki oleh konglomerasi Barito Pacific.