Presdir Freeport Beberkan Kiat Kemandirian Finansial dan Inovasi
Rupiah

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas berbagi kiat tentang upaya kemandirian finansial dan inovasi hingga strategi bisnis dan pengembangan sumber daya manusia. Dirinya pun menjadi pembicaea pada kegiatan bertajuk Business Coaching and Brainstorming yang digelar di Universitas Hasanuddin (Unhas).

"Sebagai kampus dengan status PTNBH, Unhas perlu mengadopsi model self-financing untuk dapat beroperasi secara efektif, terutama dalam konteks korporasi bisnis," kata Tony Wenas pada kegiatan yang dihadiri perwakilan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) itu sebagaimana dituangkan dalam rilis yang diterima di Makassar, Jumat.

Tony juga memberikan arahan strategis mengenai bagaimana Unhas dapat mengoptimalkan potensi SDM yang dimilikinya.

Ia menekankan potensi besar yang dimiliki oleh Unhas dengan jumlah sumber daya manusia yang signifikan.

Ia menyarankan agar mendorong universitas untuk fokus pada pengembangan inovasi, kewirausahaan, dan pengelolaan sumber daya manusia yang cerdas guna mencapai tujuan jangka panjang.

Arahan dari Tony Wenas menjadi landasan penting bagi Unhas untuk merumuskan langkah-langkah konkrit dalam mengelola holding company dan mengembangkan unit bisnisnya. 

Kerja sama antara universitas dan industri menurut Tony, diharapkan Unhas dapat mencapai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia bisnis dan pendidikan.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Prof Dr Andi Alimuddin Unde, MSi., menyoroti peran penting Unhas dalam meningkatkan fungsi perguruan tinggi.

Dirinya menyoroti pentingnya manajemen yang efektif dan upaya maksimal dalam mengembangkan unit usaha, mengingat potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh Unhas.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, menyampaikan harapannya untuk terus mengoptimalkan potensi dan mengembangkan Unhas sebagai lembaga pendidikan unggul.  

Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi seluruh sivitas akademika Unhas serta mendukung pencapaian tujuan universitas dalam tridarma perguruan tinggi