Bagikan:

JAKARTA - Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN tidak hanya digelar untuk pertemuan saja, tetapi perhelatan ini juga membuahkan hasil komitmen kerja sama senilai 38,2 miliar dolar AS atau Rp583,31 triliun (Rp15.270 per dolar AS)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap tercatat ada 93 kesepakatan kerja sama sepanjang rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Hal ini diungkap Jokowi saat dalam pidato pembukaan ASEAN-Indo-Pasific Forum (AIPF) 2023 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, 5 September.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menuturkan kesepakatan bisnis ini bentuk dukungan dari negara ASEAN dan mitra-mitra global.

“Yang mulia, saya mengapresisais dukungan dan kontrib negara ASEAN dan mitra ASEAN sehingga terkumpul, telah terkumpul 93 proyek kerja sama senilai 38,2 miliar dolar AS dan 73 proyek potensial senilai 17,8 miliar dolar AS,” katanya.

Kata Jokowi, kontribusi yang terkumpul ini mencerminkan komitmen setiap anggota kawasan Asia Tenggara untuk membangun Indo-Pacific secara damai, stabil dan makmur.

“Ini mencerminkan komitmen kita the walk the talk membangun Indo-Pasific yang damai, yang stabil yang makmur,” ujarnya.