PLN Pastikan Kesiapan SPKLU dan Pasokan Listrik 100 Persen Saat KTT ASEAN
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo (kanan) mengecek kesiapan listrik di salah satu venue KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (6/5/2023). (ANTARA/HO-PLN)

Bagikan:

LABUAN BAJO - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan kesiapan keandalan listrik 100 persen di semua lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

PLN juga memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk pengisian daya kendaraan delegasi, siap 100 persen.

"Tadi saya sudah mengecek venue utama dan SPKLU. Saya pastikan pada hari ini seluruh infrastruktur kelistrikan untuk mendukung KTT ASEAN telah siap digunakan 100 persen," kata Darmawan dilansir ANTARA, Sabtu, 6 Mei.

Darmawan telah melakukan pengecekan seluruh infrastruktur kelistrikan mulai dari jaringan dan gardu listrik, Uninteruptible Power Supply (UPS), SPKLU, sampai ruangan-ruangan yang akan digunakan oleh Kepala Negara ASEAN nanti.

Sebagaimana kegiatan internasional lain yang pernah terselenggara di Indonesia, PLN juga menerapkan skema listrik tanpa kedip atau Zero Down Time (ZDT) lewat pasokan berlapis pada gelaran KTT ke-42 ASEAN ini.

Skema ZDT itu diterapkan khusus pada venue prioritas seperti Hotel Meruorah KomodoAyana ResortHotel LaprimaSudamala Resort KomodoHotel Plataran Komodo, MICE Tanamori, Bandar Udara Komodo, Hotel Sylvia, Puncak Waringin, media center, dan lokasi fasilitas pendukung lain.

Selanjutnya PLN juga telah menyediakan 108 SPKLU guna memenuhi kebutuhan daya listrik untuk 271 unit kendaraan.

Menurutnya kehadiran SPKLU dalam KTT ke-42 ASEAN ini menjadi sangat penting karena mobilisasi seluruh delegasi, pengamanan, dan operasional akan menggunakan kendaraan listrik.

"Semua SPKLU telah siap. Untuk operasional kami akan terus berkoordinasi khususnya dengan Paspampres dalam mengatur pelaksanaan pengisian daya kendaraan listrik," ujar Darmawan.

Dalam salah satu agenda kunjungannya, Darmawan telah bertemu dengan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi di Kantor Bupati Manggarai Barat.

Darmawan pun menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang telah berjalan baik antara PLN dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam mempersiapkan infrastruktur kelistrikan untuk mendukung KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang telah bahu-membahu bersama PLN untuk menyukseskan gelaran KTT ASEAN ini, salah satunya dalam penyediaan lahan untuk peralatan kelistrikan dan SPKLU di halaman kantor bupati," katanya menjelaskan.

KTT ke-42 ASEAN dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 9 Mei hingga 11 Mei 2023 yang didahului dengan kehadiran para kepala negara ASEAN dan tamu delegasi.