Mandiri Investment Forum 2023 Sukses Fasilitasi Investor Garap Hunian di IKN
Foto: Dok. Bank Mandiri

Bagikan:

JAKARTA – Penyelenggaraan Mandiri Investment Forum (MIF) 2023 oleh PT Bank Mandiri Tbk. disebutkan turut memfasilitasi kegiatan investasi di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Otoritas IKN Bambang Susantono.

Menurut dia, sejumlah sektor investasi yang diminati para investor, di antaranya infrastruktur, edukasi, perumahan, kawasan komersial, teknologi informasi, perkantoran, hingga sektor kesehatan.

“Ketertarikan investor yang sangat tinggi ini memperkuat optimisme untuk mampu membangun satu ekosistem kota yang lengkap di IKN pada 2024, sekaligus meletakkan landasan kuat bagi pembangunan selanjutnya,” ujar dia melalui keterangan tertulis pada Kamis, 2 Februari.

Bambang menjelaskan, saat ini ada tiga investor yang siap membangun hunian di IKN, yaitu Konsorsium CCFG Corp. dan PT Risjadson Brunsfield Nusantara dengan investasi sebesar Rp 30,8 trilliun. Lalu, Korea Land and Housing Corp dengan investasi Rp 8,65 triliun dan PT Summarecon Agung Tbk sebesar Rp 1,67 trilliun.

“Melalui investasi tersebut nantinya akan dibangun 184 tower hunian dengan kapasitas 14.500 jiwa dan direncanakan akan selesai pada akhir 2024,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyatakan pihaknya berkomitmen kuat untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan IKN Nusantara, hilirisasi SDA dan optimalisasi energi bersih dan ekonomi hijau.

"Perhelatan MIF 2023 memfasilitasi calon investor memperoleh update informasi mengenai peluang investasi di Indonesia dan sederet reformasi kebijakan yang telah diperkenalkan pemerintah untuk menggaet para investor,” katanya.

Dia pun memastikan Bank Mandiri Group berkomitmen memberi kontribusi untuk terus memperkuat pertumbuhan ekonomi di tengah meningkatnya risiko resesi global.

“Kami siap mengembangkan ekosistem pembiayaan berkelanjutan dari hulu ke hilir serta framework ESG yang mengacu pada best practices,” tegasnya.

Sebagai informasi, Mandiri Investment Forum merupakan forum investasi tahunan terbesar di Indonesia yang sudah 12 kali diselenggarakan. Agenda yang berlangsung 1-2 Februari tersebut diikuti lebih dari 25.000 peserta dari dalam dan luar negeri, termasuk lebih dari 800 investor asing yang bertemu secara hybrid